| 1237 0

Anjing Meneteskan Air Liur, Normal atau Tidak?

Anjing meneteskan air liur

Mungkin kamu pernah melihat anjingmu ngeces atau mengeluarkan banyak air liur dari wajahnya, seolah-olah ia sangat kelaparan. Dan kamu pun bingung, karena meski sudah diberi makan, ia tetap saja ngeces tak berhenti-henti.

Pertanyaan pun muncul di kepalamu, “mengapa anjingku banyak meneteskan air liur?” dan pertanyaan lain juga muncul pada saat yang sama, “apakah hal ini normal?”

Mari cari tahu jawabannya!

Beberapa jenis anjing dikenal “hobi” ngeces

Jika kamu menemukan anjingmu sering ngeces, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan jenis si anjing kesayanganmu tadi.

Karena pada kenyataannya, beberapa jenis anjing seperti Bloodhounds, Mastiffs, Newfoundlands dan Saint Bernards, merupakan anjing-anjing yang salah satu karakteristiknya adalah produksi saliva/air liur dalam jumlah yang banyak. Sehingga air liur yang menetes keluar adalah hal yang sering kali tak terhindarkan.

Jadi jika kamu memiliki anjing-anjing berjenis di atas, atau setelah kamu konsultasi ke dokter hewan, dan menemukan bahwa produksi air liur anjingmu memang banyak, maka jangan panik jika ia sering ngeces atau mengeluarkan air liur.

Anjing akan ngeces jika mengharapkan sesuatu

Ya! Ketika kamu hendak memberinya makan, mengeluarkan air liur merupakan salah satu respons alami yang akan anjing lakukan saat ia menginginkan makanan tersebut.

Dan sebenarnya, bukan hanya soal makanan yang bisa membuat anjing jadi ngeces. Melainkan, ia akan ngeces terhadap semua hal yang ia sukai, yang ia tahu akan segera ia dapatkan.

Mulai dari beberapa saat sebelum bermain bersamamu, hingga saat kamu akan memberinya belaian di area favoritnya

Jadi ngeces ini bisa kamu artikan sebagai ekspresi rasa suka dan bahagia si anjing, terhadap apa yang akan kamu lakukan atau berikan kepadanya.

Bisa jadi ia sedang panik dan cemas

Tidak selamanya ngeces pada anjing merupakan tanda yang positif. Karena pada kenyataannya, anjing juga meneteskan air liur saat mereka merasa panik atau cemas.

Biasanya, jika anjing ngeces karena ia panik atau cemas, ia juga akan menunjukkan berbagai tanda panik dan cemas lainnya, misalnya bernafas dengan berat, tampak ketakutan, bergetar, dan lain-lain.

Dan jika ia meneteskan air liur karena hal ini, air liurnya akan berhenti menetes jika hal yang membuat ia panik, cemas, takut, atau stres sudah hilang.

Tanda bahwa ia kesakitan

Anjing juga bisa meneteskan air liur saat ia merasa kesakitan, terutama jika ia merasa sakit di area mulutnya.

Hal ini terjadi karena rasa sakit di area mulutnya ini membuat anjing tidak mau atau tidak bisa menelan air liurnya, yang membuat air liur menumpuk di dalam mulutnya, dan menetes keluar dengan sendirinya karena sudah kepenuhan.

Biasanya radang di area mulut dan tenggorokkan atau masalah sakit gigi merupakan pelaku utama penyebab rasa sakit, yang membuat anjingmu tidak mau menelan air liurnya.

Anjingmu bisa saja merasa mual

Alasan lain yang bisa membuat anjing tidak mau menelan air liurnya adalah karena rasa mual yang ia rasakan. Misalnya jika kamu mengajaknya naik mobil, ia bisa saja mabuk darat yang membuat ia jadi mual dan meneteskan air liurnya.

Atau bisa jadi karena ia memiliki masalah pencernaan (misalnya asam lambung berlebihan), yang membuat si sahabat kaki empat jadi mual, dan meneteskan air liurnya.

Mengonsumsi zat beracun

Meneteskan air liur juga merupakan respons umum yang anjing berikan, saat ia mengonsumsi zat-zat yang beracun untuk tubuhnya.

Perlu dicatat bahwa mengonsumsi zat beracun, tidak selalu berarti ia diracun oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Bisa jadi ia jadi keracunan karena tidak sengaja mengonsumsi tanaman-tanaman atau buah-buahan yang beracun bagi dirinya.

Dan tentunya, jika ia benar keracunan, maka ia juga akan menunjukkan beberapa reaksi keracunan lainnya, seperti diare, muntah-muntah, menjadi lemas, kejang-kejang dan lain-lain.

Apa yang harus dilakukan jika anjing meneteskan air liur?

Tentunya pertama-tama kamu harus tahu apa penyebab air liur ini. Jika kamu tahu ia meneteskan air liur karena alasan yang wajar (misalnya karena kegirangan atau karena jenisnya), maka kamu bisa membiarkannya.

Namun, jika karena alasan-alasan medik yang disebutkan di atas, maka segeralah bawa ia ke dokter. Bukan untuk dirawat masalah ngecesnya, melainkan untuk diobati penyebab ngeces ini.

Karena pada akhirnya, ngeces hanyalah respons alami dari anjing dan bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan. Melainkan yang perlu diperhatikan adalah beberapa alasan lain yang membahayakan anjingmu, yang menyebabkan ia jadi meneteskan banyak air liur.