| 215 0

Félicette, Si Kucing Astronot Pertama dan Satu-Satunya

Félicette Kucing Astronot

Pada masa-masa awal perjalanan antariksa dulu, manusia sering menggunakan hewan untuk dijadikan percobaan. Ada Laika si anjing astronot, ada juga Ham si simpanse astronot. Namun ada pula hewan astronot yang sering terlupakan, salah satunya Félicette, si kucing astronot pertama dan satu-satunya di dunia.

Siapa Félicette?

Félicette adalah seekor kucing kampung betina dari negara Prancis. Kisah awalnya sebelum menjadi astronot hewan masih simpang siur. Ada yang bilang ia adalah kucing liar dari kota Paris yang diadopsi oleh pemerintah Prancis, namun ada pula yang bilang bahwa kucing ini dibeli dari pedagang kucing jalanan di kota Paris.

Namun yang pasti, Félicette bersama 13 kucing lainnya menjalani proses latihan dan seleksi oleh pemerintah Prancis untuk diterbangkan keluar angkasa, demi misi sains yang hendak mereka jalankan.

Lalu, setelah proses latihan dan seleksi, dari 14 calon kucing astronot tadi, terpilihlah Félicette untuk menjadi si kucing astronot pertama.

Alasan dari mengapa si kucing hitam putih ini dipilih pun juga masih simpang siur, ada yang bilang bahwa ia dipilih karena ketenangannya, namun ada pula yang bilang ia dipilih karena berat badannya yang paling ideal.

Tapi yang pasti, pada tanggal 18 Oktober 1963, ia berhasil terbang keluar angkasa dan menjadi kucing pertama yang berhasil melakukannya, dan mendapatkan julukan “Astro-cat.”

Misi luar angkasa Félicette

Mengapa mereka mengirimkan kucing keluar angkasa?

Hal ini dilakukan karena pada saat itu, para ahli masih belum paham dampak ketiadaan gravitasi terhadap kehidupan. Oleh karena itulah mereka mengirim hewan keluar angkasa untuk mengetahui apakah manusia dapat bertahan hidup di luar angkasa.

Untuk alasan inilah, Félicette pada tanggal 18 Oktober 1963 menjalankan misi luar angkasanya. Misi luar angkasa Félicette ini juga bisa dikatakan sebentar. Yaitu hanya berlangsung selama kurang-lebih 13 menit.

Namun, selama 13 menit ini, ia berhasil menempuh perjalanan luar angkasa hingga di ketinggian 157 km, dan merasakan hidup tanpa gravitasi selama 5 menit.

Lebih hebatnya lagi, misi bisa dikatakan sangat berhasil, karena selain berhasil menerbangkan Félicette hingga keluar angkasa, misi ini juga berhasil membawa Félicette kembali ke Bumi dengan selamat.

Sang Astro-cat pun berhasil menjadi astronot kucing pertama dan satu-satunya yang berhasil terbang keluar angkasa dan kembali ke Bumi dengan selamat.

Lalu, bagaimana kelanjutan hidup sang Astro-cat?

Setelah menjalankan misi luar angkasanya, Félicette pun menjalani hidupnya di lembaga penelitian luar angkasa milik Prancis, untuk diteliti lebih lanjut.

Namun sayangnya, meskipun ia berhasil menjalankan misinya dengan sukses, ia pun harus menjalani program suntik mati 2 atau 3 bulan setelahnya, untuk diautopsi sebagai bagian dari penelitian misi luar angkasa yang dijalaninya.

Setelah itu, secara perlahan-lahan jasa dan kisah dari Félicette pun mulai dilupakan, yang hingga kini kisah dari Félicette banyak yang tidak mengetahuinya.

Untungnya, lewat usaha crowdfunding yang dimulai oleh Matthew Serge Guy, kisah dan jasa dari Félicette akan diangkat lagi, dalam bentuk patung.

Patung ini akan dijadikan sebuah monumen untuk mengingatkan orang-orang di masa sekarang dan di masa depan, bahwa sebelum manusia berhasil menginjakkan kakinya di Bulan dan menjelajah jauh luar angkasa, ada hewan-hewan yang berjasa seperti Félicette yang mengorbankan nyawanya agar kita bisa menjelajah luar angkasa.

Rencananya, patung ini akan didirikan di kampung halaman Félicette, yaitu di kota Paris.

Dan karena program crowdfunding-nya sudah berhasil, maka kamu dapat segera menantikan berdirinya patung sang Astro-cat, atau bahkan melihatnya sendiri dengan mata kepalamu nanti (jika kebetulan kamu ada di Paris), yang kemungkinan akan mulai dibangun di tahun 2018 ini.