| 509 0

Jaga Berat Badan Anjing Seniormu, dengan 4 Tips Ini

Tips Menjaga Berat Badan Anjing Senior

Kapan anjing bisa dikatakan berusia senior atau tua, tergantung dari jenis dan ukuran tubuhnya. Namun, pada umumnya, ketika anjing sudah berusia 6 tahun ke atas, fisiknya sudah tidak lagi berada di kondisi puncak, dan bisa dikatakan mulai memasuki usia tua atau senior.

Dan bagi anjing yang sudah berusia senior, masalah kecil seperti kegemukan dapat menyebabkan berbagai masalah besar yang bahkan bisa mengancam nyawanya.

Oleh karena itu, salah satu tugas tambahanmu ketika memelihara seekor anjing berusia senior adalah menjaga berat badannya.

Namun tentunya, usia anjing yang tidak lagi muda membuat tidak semua cara menjaga berat badan anjing cocok baginya. Melainkan mereka perlu beberapa tips dan trik khusus agar tetap dapat memiliki berat badan yang ideal.

Berikut 4 tips mudah di antaranya

Jaga dietnya

Kalori yang masuk ke dalam tubuh akan dibakar menjadi energi, dan kalori yang tersisa akan menumpuk menjadi lemak di dalam tubuh. Beginilah cara kerja metabolisme tubuh pada makhluk hidup, termasuk manusia dan anjing.

Dan sama seperti manusia, ketika tubuh anjing mulai memasuki usia tua, kemampuan metabolisme ini tidak lagi sebaik saat ia muda, sehingga kalori menjadi lebih mudah menumpuk dan menjadi lemak.

Oleh karena itu, tips dasar dan mudah menjaga berat badan anjing seniormu tetap ideal, adalah dengan menjaga dietnya, terutama porsi dan kandungan makanan yang ia makan.

Jangan beri anjing seniormu porsi dan kandungan dalam jumlah yang sama seperti saat ia masih muda. Sebaliknya, kurangilah sesuai dengan kondisi tubuhnya. Dan jika kamu tidak tahu dan tidak yakin akan diet seperti apa yang paling baik untuk anjing senior? Maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewanmu!

Berhenti menjadikan makanan sebagai hadiah

Makanan sering kali dijadikan sebagai hadiah, ketika anjing menjalani proses latihan, atau ketika anjing berbuat baik. Namun bagi kamu pemilik anjing senior, stop kebiasaan ini!

Karena meskipun jumlahnya terlihat kecil dan tidak berbahaya, camilan atau makanan yang kamu berikan ketika anjing berbuat baik tadi akan mengacaukan dietnya dan membuat ia mudah menjadi kegemukan.

Sebaiknya, ganti bentuk hadiah untuk anjingmu.

Misalnya kamu bisa memberinya belaian di tempat favoritnya, atau memberinya mainan favoritnya sebagai pengganti makanan atau camilan yang biasa kamu beri kepadanya.

Rajin mengajaknya keluar

Meskipun tubuhnya tidak lagi sekuat dan seaktif saat ia masih muda, kamu harus tetap menjaga anjing seniormu tetap aktif agar ia tidak jadi kegemukan.

Dan untuk tujuan ini, beraktivitas di luar bisa jadi salah satu cara termudah dan terefektif untuk menjaga tubuhnya tetap aktif dan terhindar dari kegemukan.

Lari-lari kecil yang kamu lakukan bersamanya akan sangat efektif bagi tubuh tua si anjing senior untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuhnya dan lemak yang sudah sempat menumpuk di tubuhnya.

Jadi jangan sampai kelewatan momen seru dan bermanfaat satu ini!

Tetap aktif di dalam ruangan

Jika kamu berhasil membuat anjing seniormu banyak beraktivitas di luar, namun saat di dalam rumah, yang anjingmu lakukan hanyalah tidur, maka hal ini tetap saja dapat membuat tubuh si anjing senior jadi kegemukan.

Yang harus kamu lakukan adalah membuat si anjing senior tetap aktif meskipun di dalam rumah.

Misalnya dengan bermain bersamanya, yang bukan hanya baik untuk fisik si anjing senior, melainkan juga mental si anjing senior kesayangan.

Beraktivitas di dalam ruangan juga akan sangat membantu si anjing senior untuk aktif, jika keadaan tidak memungkinkan untuknya beraktivitas di luar rumah (misalnya hujan atau terlalu panas).

Dan meskipun aktivitas fisik di dalam rumah ini terlihat kecil dan tidak signifikan, percayalah! Sekecil apapun aktivitas fisik tadi, aktivitas ini akan sangat membantu anjing seniormu untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan ideal. Oleh karena itu, jangan sekalipun menganggap ada aktivitas fisik yang sia-sia!

Jadi, tetaplah buat ia aktif, agar tubuh si anjing senior tetap sehat, dan hidupnya pun tetap bahagia!