VET
| 58 0

Cairan Kuning didalam Telinga Kucing, Apakah Berbahaya?

Paws Union VET

Pertanyaan

dari @agustiaguste via Instagram :

Permisi dokter, mau sedikit tanya. 2 hari yang lalu aku adopsi kucing, aku cek bagian telinganya, ada kotoran berwarna hitam. Aku lihat ke dalam telinganya pakai senter ada cairan berwarna kuning, tapi baunya tidak menyengat hanya seperti bau kotoran telinga biasa.


Apakah cairan tersebut bisa muncul karena stress akibat adaptasi dengan lingkungan baru ya dok? Atau mungkin ada penyebab lain? Apakah hal tersebut berbahaya untuk kucing tersebut dok? Bila iya, apa yang sebaiknya saya lakukan.

Terima kasih dokter.

Dear Agustia,

Kotoran telinga itu namanya Cerumen, dan adalah hal yang normal bila di telinga kucing terdapat Cerumen. Sebaiknya telinga kucing dibersihkan secara rutin 2 minggu sekali.

Di kasus lain, ada beberapa kucing yang produksi Cerumennya berlebih. Hal ini biasanya berkaitan dengan seberapa peka/sensitif tubuhnya terhadap zat tertentu yang terkandung didalam makanan yang dia konsumsi. Dan hal ini juga cenderung terjadi pada kucing yang ketika kecilnya kurang mendapat asupan gizi yang baik.

Dengan memperbaiki kualitas makanan biasanya akan mengurangi produksi Cerumen yang berlebihan.
Untuk membersihkan Cerumen di telinga kucing, akan lebih baik bila dibersihkan dengan kangen water yang terdapat kandungan acid (pH 2.5 atau yang pH 6).

Semoga jawaban ini memberikan pencerahan untuk Agustia.

Salam sehat.