| 886 0

Gigi Anjingmu Copot? Ini Alasannya!

Gigi Anjingmu Copot

Pernah menemukan ada gigi anjingmu yang copot di mangkuk makanannya? Jangan buru-buru panik! Karena tergantung alasannya, gigi yang copot tadi bisa jadi adalah sesuatu yang normal.

Namun jangan pula menganggap enteng keadaan ini (terutama jika anjingmu sudah dewasa), karena gigi yang copot ini bisa jadi adalah tanda anjingmu memiliki sebuah penyakit parah, yang sebaiknya diperhatikan sesegera mungkin.

Ketika gigi anjing copot adalah hal yang normal

Sama seperti manusia, anak anjing juga terlahir tanpa gigi. Dan hal ini sangatlah normal karena pada  minggu-minggu pertama, mereka hanya membutuhkan susu dari induknya untuk bertahan hidup.

Kemudian memasuki minggu keempat hingga keenam, gigi-gigi bayi si anak anjing akan mulai tumbuh, dan pada saat inilah anak anjingmu mulai bisa diajari untuk memakan makanan padat.

Lalu pada bulan ketiga hingga keenam, maka gigi-gigi bayi ini akan mulai copot satu demi satu dan digantikan dengan gigi dewasa. Dan ketika gigi anjingmu copot pada masa-masa ini, maka tenang! Karena hal ini adalah hal yang sangat normal.

Yang menarik, mungkin kamu tidak sadar gigi bayi anjingmu sudah tergantikan gigi dewasa karena tidak menemukan adanya gigi-gigi yang sudah copot.

Jika kamu bertanya, ke mana gigi-gigi bayi tadi pergi? Maka ada kemungkinan anjing kecilmu tadi menelan gigi-gigi bayinya.

Jangan takut! Hal ini cukup normal terjadi pada anjing dan umumnya tidak akan mempengaruhi kesehatan anjingmu tadi.

Yang jadi persoalan adalah ketika gigi dewasanya sudah tumbuh, namun gigi bayinya tidak copot. Jika ini yang terjadi, segeralah bawa anjingmu ke dokter hewan untuk diberi penanganan yang ia butuhkan.

Ketika gigi anjing copot adalah hal yang tidak normal

Juga sama seperti manusia, gigi dewasa anjing sifatnya permanen. Ia tidak akan copot dan digantikan dengan gigi-gigi baru. Jadi, jika kamu menemukan gigi anjingmu yang sudah dewasa copot, maka bisa dikatakan hal itu tidaklah normal.

Alasan yang menyebabkan gigi anjing copot pun cukup beragam.

Bisa jadi gigi anjingmu copot karena ia mengalami trauma fisik di area gigi, mulut, dan mukanya (misalnya terbentur, terjatuh, atau karena menggigit sesuatu yang keras).

Trauma fisik yang bisa menyebabkan gigi anjing copot ini, juga bisa menyebabkan giginya jadi patah. Yang artinya, giginya tidak terlepas, namun akan menyebabkan luka dan rasa sakit pada anjing, sehingga anjing tadi harus segera dibawa ke dokter hewan untuk dicabut giginya.

Selain karena trauma, masalah-masalah gigi dan mulut juga bisa menyebabkan gigi anjing menjadi copot. Misalnya ketika anjingmu menderita Periodontitis (infeksi gusi) yang disebabkan oleh bakteri, yang merusak struktur gigi anjingmu, sehingga gigi-giginya jadi copot.

Rutin membersihkan gigi anjing serta melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulutnya, adalah cara terbaik untuk memastikan anjing kesayanganmu terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut, yang bisa menyebabkan kerontokan giginya.

Namun perlu juga diingat, meskipun kamu rajin merawat mulut dan gigi anjingmu, serta anjingmu tidak pernah mengalami trauma fisik; bukan berarti gigi anjingmu tidak akan bisa copot. Karena pada kenyataannya ada berbagai masalah lain yang di luar kendali kita yang bisa menyerang anjing dan menyebabkan giginya copot, misalnya kanker.

Jadi, jika gigi anjingmu copot dan kamu yakin bahwa mulut dan giginya terawat dengan baik, dan ia tidak mengalami trauma fisik, segeralah bawa ia ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut!

Bagaimana anjing hidup jika giginya copot?

Seandainya pun karena satu dan lain hal gigi anjingmu jadi copot, maka kamu sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir akan hidup sehari-hari anjingmu ini.

Karena pada kenyataannya anjing bisa beradaptasi dengan baik atas keadaan hilang gigi ini.

Ia tetap akan bisa makan dengan baik dan melakukan berbagai aktivitas lainnya tanpa masalah.

Bahkan, beberapa anjing tetap bisa memakan makanan padat, meskipun ia sudah kehilangan semua gigi-giginya.

Jadi, jika situasi memang mengharuskan gigi anjingmu dicabut, maka cabutlah, selama hal ini demi kebaikannya! Karena jika gigi-gigi bermasalah anjingmu dibiarkan, maka hal ini malah bisa menyebabkan anjingmu menjadi kesakitan dan hidup sehari-harinya menjadi sangat tidak nyaman.