| 1165 0

Perkuat Daya Tahan Tubuh Anjing dengan 4 Cara Alami Ini!

4 cara alami perkuat daya tahan tubuh anjing

Memiliki anjing yang terus sehat tentunya adalah impian dari semua pemilik dan pencinta anjing. Dan salah satu cara terbaik untuk memastikan anjing kesayangan kita tetap sehat, adalah dengan memperkuat daya tahan tubuhnya.

Karena dengan cara ini, meskipun kita tidak bisa (dan tidak mungkin) melindungi anjing kita dari semua bibit penyakit, daya tahan tubuhnya tetap bisa melindunginya, agar ia tidak mudah jatuh sakit.

Dan tahukah kamu, jika kamu bisa membantu anjingmu memiliki daya tahan tubuh yang baik, lewat 4 cara ini?

Memperhatikan asupan nutrisinya?

Apa yang anjing makan akan sangat mempengaruhi daya tahan tubuhnya. Semakin kaya dan seimbang nutrisi yang ia dapatkan, maka semakin baik pula daya tahan tubuhnya.

Tentu yang jadi pertanyaan, asupan nutrisi seperti apa yang anjing butuhkan? Apakah makanan wetfood/dryfood andalanmu sudah cukup?

Sayangnya, tidak!

Memang, nutrisi-nutrisi dari makanan olahan tadi mungkin bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari anjingmu, namun, sering kali makanan-makanan tadi tidaklah cukup untuk membentuk daya tahan tubuhnya.

Kamu masih perlu memberi sahabatmu itu berbagai asupan nutrisi-nutrisi lain yang fungsinya adalah untuk membentuk daya tahan tubuhnya. Nutrisi-nutrisi ini sendiri pun berasal dari berbagai bahan makanan yang besar kemungkinan jarang kamu beri kepada anjingmu, yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, hingga rempah-rempah.

Misalnya, kamu bisa memberinya brokoli, beragam buah berry, kayu manis, dan lain-lain; yang fungsi makanan-makanan tadi, salah satunya adalah membentuk daya tahan tubuh.

Namun, meskipun memiliki manfaat baik, bukan berarti kamu dapat memberi anjingmu makanan-makanan ini dengan sangat banyak, atau bahkan mengganti dietnya dengan makanan-makanan ini. Karena jika diberi terlalu banyak, bukan manfaat baik yang akan kamu dan anjingmu dapatkan, melainkan masalah kesehatan pada anjing.

Kuncinya adalah seimbang. Jadikan makanan-makanan ini sebagai pendamping diet sehari-hari anjingmu, agar kebutuhan hariannya terpenuhi dan daya tahan tubuhnya terbentuk dengan baik.

Membuat tubuhnya aktif

Sama seperti manusia, anjing yang rutin beraktivitas fisik dengan tepat akan membuat tubuhnya menjadi jauh lebih sehat dan kuat, tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Bahkan, dengan memiliki tubuh yang aktif, anjingmu bisa saja jadi terhindar dari berbagai penyakit yang parah, seperti diabetes. Karena dengan rutin beraktivitas fisik, maka tubuh anjingmu jadi akan bekerja dengan baik dan maksimal, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit parah, yang pada umumnya dipengaruhi oleh masalah metabolisme tubuh si anjing.

Bahkan, sama seperti manusia, rutin beraktivitas fisik bisa membawa kebahagiaan pada hidup anjing, karena sama seperti kita, aktivitas fisik akan mendorong tubuh anjing memproduksi hormon endorphin, yang efeknya adalah memberi perasaan bahagia dan mengilangkan stres, cemas, dan perasaan buruk lainnya.

Menjaga kesehatan ususnya

Banyak ahli yang percaya bahwa 70% dari sistem kekebalan makhluk hidup tubuh berada di ususnya. Yang artinya, semakin sehat sistem pencernaan seseorang, maka semakin baik pula daya tahan tubuhnya.

Jadi, jika kamu ingin anjingmu memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka pastikanlah usus dan sistem pencernaannya juga sehat.

Misalnya kamu dapat rutin memeriksa pencernaannya agar bebas dari parasit, dan memberi penanganan yang tepat (misalnya memberi obat cacing) jika ditemukan ada masalah di sistem pencernaannya.

Kamu juga bisa memberi anjingmu suplemen probiotik (bakteri-bakteri baik) yang akan membantu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan anjing kesayanganmu.

Menghindari anjing dari stres

Ketika stres, keadaan ini akan mempengaruhi hormon tubuh menjadi tidak bekerja dengan maksimal, sehingga tubuh jadi lebih mudah terserang penyakit.

Jadi, ya! Stres benar-benar pangkal dari penyakit, baik itu pada manusia ataupun anjing kesayanganmu.

Oleh karena itu, kamu sebagai pemilik anjing, sebisa mungkin harus membuat hidup anjingmu terhindar dari stres, agar daya tahan tubuhnya juga menjadi terbentuk dengan baik.

Caranya gampang, cukup penuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial si anjing kesayangan, maka anjing yang bahagia dan sehat pun akan selalu siap menjadi sahabat terbaikmu.