| 696 0

Bukan Cuma Anjing, Kucing Juga Bisa Diajak Berjalan Keluar

Mengajak kucing berjalan-jalan keluar

Rutin mengajak anjing keluar untuk berjalan-jalan, merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik anjing. Karena lewat kegiatan sederhana ini, fisik dan mental anjing akan menjadi lebih terlatih, sehingga hidup si anjing dapat jadi lebih sehat dan bahagia.

Namun ternyata, bukan hanya anjing yang bisa diajak berjalan keluar rumah dan mendapatkan berbagai manfaat baiknya. Ternyata hal ini juga berlaku bagi sahabat kaki empat kita lainnya, yaitu si kucing.

Apa manfaat mengajak kucing berjalan?

Kucing pada dasarnya adalah seekor makhluk penjelajah. Insting alaminya akan membuat kucing mendapatkan kepuasan tersendiri ketika mereka bisa keluar dan berpetualang di luar rumahmu.

Menemukan hal-hal baru dan berinteraksi dengan berbagai hal di luar rumah bisa membuat mental kucing menjadi terhibur dan menghindari mereka merasa bosan dan stres.

Selain itu, aktivitas ini juga bisa sangat baik untuk membentuk mental kucingmu. Berpetualang di luar rumah bisa membuat kucingmu menjadi lebih pemberani, mandiri, dan tenang. Yang tentunya akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-harinya.

Dan juga, tentunya dengan beraktivitas di luar rumah, maka si kucing akan jadi lebih banyak bergerak, yang hal ini akan membantu tubuhnya tetap fit dan sehat.

Bukan hanya baik bagi kucing, momen bertualang di luar bersama si kucing juga bisa jadi salah satu cara untuk mempererat keakrabanmu bersama si kucing.

Dan ya! Meskipun di Indonesia kegiatan ini masih terdengar sangat aneh, di luar sana, sudah cukup banyak orang yang mengajak keluar kucingnya untuk beraktivitas bersama. Bahkan untuk kegiatan-kegiatan yang cukup ekstrem, seperti mendaki gunung.

Bagaimana cara aman mengajak kucing berjalan?

Pertama adalah memastikan bahwa kucingmu sudah divaksinasi. Hal ini tentunya agar si kucing terhindar dari berbagai bibit penyakit yang bisa saja ia dan kamu temui ketika beraktivitas di luar sana.

Yang kedua, agar semakin aman, kucing sebaiknya sudah disterilisasi saat diajak berjalan-jalan keluar rumah. Bagi kucing jantan, hal ini akan membuatnya jadi lebih tenang ketika di luar sana, dan bagi kucing betina, hal ini untuk menghindari ia diserang oleh kucing-kucing jantan yang bisa jadi ditemui saat berjalan-jalan di luar nanti.

Dan yang ketiga, akan jauh sangat baik jika kucingmu sudah terlatih sebelumnya. Hal ini agar ia mau mendengar perintahmu dan tetap bisa bersikap tenang saat di luar sana.

Setelah ketiga syarat rekomendasi di atas, baru kamu bisa dengan nyaman mengajak kucingmu berjalan keluar rumah.

Cara yang paling baik untuk mengajak kucingmu berjalan keluar rumah adalah dengan menggunakan cat harness atau rompi kucing atau tali kucing khusus. Alat ini akan membantumu menjaga si kucing agar tidak kabur dan melindunginya dari berbagai bahaya yang bisa mengancamnya.

Ingat, cat harness ini tidak jauh berbeda dengan kalung kucing. Yang artinya, tidak semua kucing mau memakainya, dan kucing yang baru pertama kali menggunakannya akan merasa tidak nyaman dan tidak senang dengan cat harness ini.

Cara yang benar saat mengajak kucing berjalan bukan dengan memaksanya berjalan atau menarik talinya. Sebaliknya biarkan ia bergerak dengan bebas, dan kamulah yang mengikuti ke mana si kucing berjalan atau bergerak, dan baru tarik talinya, ketika kucingmu berjalan menuju hal-hal yang bisa membahayakannya (misalnya ke arah jalan).

Dan tentunya, tidak semua kucing akan bisa langsung diajak berjalan-jalan keluar dengan cat harness ini. Oleh karena itu kamu dan kucingmu harus berlatih dulu beraktivitas dengan cat harness.

Misalnya, sebelum diajak berjalan keluar rumah, berlatihlah dulu berjalan-jalan bersama kucing dengan menggunakan cat harness di dalam rumah dan di halaman rumah. Jika kucing sudah nyaman dan kamu pun sudah bisa menggunakan cat harness dengan baik, maka barulah kamu bisa beraktivitas di luar rumah bersama si kucing kesayangan.

Apakah semua kucing bisa diajak berjalan keluar?

Tidak!

Tidak semua kucing bisa diajak berjalan-jalan keluar rumah.

Kucing-kucing yang memiliki masalah fisik atau rentan terkena sakit (misalnya tidak bisa mendengar atau tidak bisa melihat), sebaiknya jangan diajak berjalan-jalan di luar rumah. Karena kondisi fisik mereka bisa membuat aktivitas di luar rumah ini memiliki risiko besar berdampak buruk ke mereka.

Begitu pula dengan kucing-kucing yang memiliki keadaan mental yang kurang fit untuk aktivitas di luar rumah, seperti terlalu penakut atau terlalu pemalu. Karena jika mereka dipaksa keluar rumah dan berhadapan dengan banyak hal-hal baru, hal ini malah bisa membuat mereka jadi stres.

Jika kamu menemukan kucingmu sangat tidak nyaman saat diajak keluar rumah, dan hal ini tidak berubah meskipun sudah beberapa kali dilakukan (atau menjadi lebih parah), maka artinya kucingmu tidak suka dan tidak cocok beraktivitas di luar rumah bersamamu.

Memaksanya hanya akan membuat aktivitas ini malah berdampak buruk bagi si kucing.

Intinya, jika ia tidak suka berjalan keluar rumah bersamamu, jangan dipaksa! Namun, jika ia menyukainya, nikmatilah momen unik dan seru yang tidak bisa dirasakan setiap pemilik kucing ini!