| 1056 0

5 Buah yang Cocok dan Disukai Anjingmu

5 Buah yang Disukai Anjing

Beberapa buah, seperti anggur, memang berbahaya untuk anjingmu. Namun bukan berati semua buah tidak baik untuk si kaki empat. Sebaliknya, ada beberapa buah yang aman untuk anjing dan bisa jadi pilihan yang sangat baik untuk dijadikan camilannya.

Alasannya? Tentu saja karena kandungan vitamin dan serat yang dimiliki buah tadi, yang sangat berguna untuk kesehatan si anjing kesayangan.

Berikut 5 contoh dari buah-buah yang cocok dan disukai oleh anjingmu.

Buah persik

Buah yang manis dan berwarna cantik ini bisa jadi pilihan yang baik untuk camilan anjingmu. Kaya vitamin A dan serat, membuat buah ini bukan hanya akan menjadi camilan yang enak namun juga sehat baginya.

Namun, jika hendak memberinya buah ini, pastikan untuk selalu memotong-motong daging buahnya terlebih dahulu dan tidak memberi si anjing kesayangan satu buah utuh! Hal ini demi menghindari si anjing menggigit-gigiti biji buah ini, yang bisa membuat anjingmu mengalami keracunan sianida.

Buah semangka

Buah semangka juga masuk ke dalam jajaran buah favorit banyak anjing. Dan kamu tidaklah salah jika kamu memberikan buah ini kepada anjingmu. Karena buah ini sendiri kaya akan vitamin A, B6, dan C. Selain itu, buah ini juga mengandung mineral potasium yang sangat dibutuhkan oleh si kaki empat.

Dan lagi, buah ini juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga memberi buah ini bisa jadi salah satu cara untuk memastikan anjing mendapat asupan air yang cukup.

Yang perlu diperhatikan sebelum memberi semangka adalah pastikan untuk membuang semua biji yang ada pada semangka dan pastikan untuk hanya memberi bagian daging semangka! (atau dengan kata lain, jangan beri bagian putih dari semangka).

Buah Blueberry

Ini dia superfood untuk anjing! Kaya akan antioksidan, serat, dan senyawa-senyawa fitokimia, membuat buah kecil ini bisa jadi camilan yang sangat sehat untuk anjingmu.

Apa itu senyawa-senyawa fitokimia?

adalah senyawa-senyawa yang diketahui memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh yang dikandung dalam buah, namun, mengapa dan bagaimana senyawa-senyawa tadi bermanfaat baik untuk tubuh masih belum bisa dijelaskan oleh sains. (untuk lebih mudah, bayangkan saja jamu yang baik untuk tubuh, namun belum terjelaskan secara detil oleh dunia medis).

Buah nanas

Buah yang rasanya asam-manis dan berair ini juga sangat baik untuk anjingmu. Karena selain mengandung banyak vitamin, serat, air, dan mineral yang berguna; nanas juga mengandung enzim bromelain, yang berguna dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap protein.

Buah pisang

Kata siapa buah pisang identik dengan monyet? Kenyataannya, buah ini juga sangat disukai oleh anjing lho. Bahkan bukan hanya disukainya, buah ini juga baik untuknya!

Dengan kandungan  potassium, vitamins, biotin, fiber, dan zat tembaga-nya, buah ini bisa menjadi camilan yang sehat dan sangat ia sukai.

Namun perhatikan! Jangan beri ia pisang dalam jumlah yang terlalu banyak! Karena buah ini juga memiliki kandungan gula yang cukup banyak, yang dapat menyebabkan anjing jadi kegemukan dan meningkatkan risiko diabetes padanya.

 

Tentunya, bukan hanya 5 buah di atas yang baik untuk anjingmu, ada banyak buah-buah lain yang baik untuknya. Kunci utama dalam memberi buah pada anjingmu adalah buang semua biji dari buah, mengupas kulitnya (apalagi jika kulit si buah tebal), dan jangan beri ia buah terlalu banyak, karena pada dasarnya buah memiliki kandungan gula yang cukup banyak, yang jika terlalu banyak diberi pada anjing, dapat menyebabkan kegemukan dan risiko diabetes.

Jadi, selamat berpesta buah bersama dengan anjing kesayanganmu!

Oh iya, jika kamu mencari sayur-sayuran yang baik untuk anjingmu, bisa dilihat di 5 Jenis Sayuran yang Disukai Anjing