| 1437 0

Anjing VS Serigala, Seberapa Jauhkah Perbedaannya?

Perbedaan Anjing dan Serigala

Kira-kira, gambar di atas adalah gambar anjing atau serigala?

Umumnya, orang sudah tahu bahwa anjing dan serigala di zaman sekarang memiliki nenek moyang yang sama. Jadi, jika ditemukan banyak kemiripan antara antara anjing di rumahmu dan serigala di luar sana, maka hal ini tidaklah terlalu mengherankan.

Namun sebenarnya, seberapa jauhkah perbedaan di antara kedua makhluk ini?

Satu spesieskah mereka?

Jawaban dari pertanyaan ini akan sangat menarik….

Bertahun-tahun anjing dan serigala dikategorikan pada spesies yang berbeda, yaitu canis familiaris untuk anjing dan canis lupus untuk serigala. Namun belakangan ini, banyak ahli yang mulai percaya bahwa anjing dan serigala sebenarnya merupakan bagian dari spesies yang sama, yaitu canis lupus.

Yang artinya, ribuan tahun perbedaan gaya hidup anjing dan serigala, tidak cukup membuat mereka jadi spesies yang berbeda.

Pendapat baru ini semakin populer karena ditemukannya persilangan antara anjing dan serigala (yang sementara ini masih dinamai wolf-dog), yang ternyata fertil, atau bisa menghasilkan keturunan.

Berdasarkan ilmu biologi, jika persilangan dua makhluk menghasilkan keturunan yang bisa menghasilkan keturunan lagi (atau fertil), maka dua makhluk tadi masih merupakan makhluk dalam spesies yang sama.

Pendapat ini juga didukung oleh fakta bahwa beberapa jenis anjing (apalagi jenis-jenis anjing tua/kuno) memiliki bentuk dan karakter yang sangat-sangat berbeda, sementara ada jenis anjing malah mirip dengan serigala.

Oleh karena perbedaan fisik dan karakter yang dimiliki “anjing rumah” dan serigala, bukanlah alasan untuk membedakan mereka jadi dua spesies yang berbeda.

Jadi, apakah anjing dan serigala benar-benar 1 spesies? Secara resmi anjing dan serigala masih dibedakan menjadi dua spesies saat ini. Namun melihat perkembangannya, bukanlah hal yang mengherankan jika suatu hari nanti anjing dan serigala benar-benar dimasukkan dalam satu spesies yang sama.

Sebeda apakah karakter fisik mereka?

Secara umum, tubuh serigala memiliki kepala yang lebih besar daripada kepala anjing (dilihat dari rasio perbandingan antara kepala dan tubuh keseluruhannya).

Dan mengingat diet mereka, maka bukanlah hal yang mengherankan jika kepala yang besar milik serigala ini juga dilengkapi oleh rahang dan mulut yang lebih besar. Namun anehnya, jumlah gigi di antara anjing dan serigala tidaklah berbeda.

Kemudian postur tubuh serigala juga umumnya lebih ramping daripada anjing, dan dilengkapi dengan kaki yang lebih panjang. Hal ini memungkinkan serigala-serigala tadi dapat bergerak dengan lincah dan kuat, bahkan untuk medan-medan yang sulit.

Satu-satunya perbedaan fisik yang signifikan antara serigala dan anjing adalah jumlah jari yang lebih banyak yang dimiliki oleh serigala, yang membantunya menempuh berbagai medan dan berenang dengan lebih baik.

Bagaimana dengan mental di antara keduanya?

Anjing dan serigala memiliki insting alami sebagai makhluk kawanan (pack animal), yang artinya mereka akan hidup lebih nyaman jika bersama-sama dengan sesamanya. Namun, perbedaan besar akan muncul ketika mereka harus berinteraksi dengan dunia luar.

Anjing memiliki kemampuan untuk hidup bersama makhluk lain dengan nyaman, terutama dengan manusia. Bahkan sebenarnya, hidup anjing akan lebih baik, ketika mereka hidup bersama dengan manusia.

Sebaliknya, serigala merupakan makhluk yang lebih mandiri. Berbeda dengan anjing, serigala tidak dapat menerima makhluk lain selain serigala sebagai anggota kawanannya. Makhluk lain tadi (misalnya manusia) hanya akan dianggap sebagai “makhluk asing” oleh serigala, yang membuat mereka akan selalu waspada dengan kehadiran si “makhluk asing”

Perbedaan mental di antara keduanyalah yang menjadi alasan utama mengapa serigala tidak boleh dan tidak bisa dipelihara oleh kita manusia. Uniknya, meski tidak bisa dipelihara, serigala tetap bisa dilatih layaknya anjing.

Selain itu, mental anjing juga ditemukan berkembang dengan lebih cepat daripada anjing. Serigala akan mulai membuka matanya dan belajar bersosialisasi sejak berumur 2 minggu, sedangkan anjing baru akan membuka mata dan belajar bersosialisasi ketika mereka berumur 4 minggu.

Bagaimana dengan makanan mereka?

Pada dasarnya, anjing dan serigala sangat baik jika diet mereka diisi dengan daging-dagingan. Namun perbedaannya, anjing mulai membiasakan diri memakan makanan lain untuk memenuhi kebutuhannya, sedangkan serigala masih tetap mengandalkan daging sebagai sumber nutrisi mereka.

Oh ya! Gambar di atas adalah gambar dari wolf-dog, makhluk persilangan dari anjing dan serigala.