| 1696 0

Mengapa Kucing Menggigit Leher Anaknya Saat Menggendong?

mengapa kucing menggigit leher anaknya

Kamu pasti pernah melihat teknik unik induk kucing saat ia menggendong anaknya, yaitu dengan menggigit leher atau tengkuk si anak kucing.

Kira-kira, mengapa mereka menggendong anak mereka dengan cara ini?

Jawaban singkatnya adalah karena keadaan.

Berbeda dengan manusia yang dapat berjalan dengan dua kaki dan menggunakan kedua tangannya untuk melakukan berbagai hal, satu-satunya alat yang bisa dipakai kucing untuk mengangkat anaknya adalah mulutnya.

Oleh karena itu, ketika anaknya perlu dipindahkan, maka anak kucing akan menggunakan mulutnya untuk “menggigit” leher atau tengkuk si anak kucing agar ia dapat dengan mudah memindahkan si kucing kecil.

Dan juga, meski terlihat menggigit anaknya, yang induk kucing lakukan sebenarnya adalah “menjepit” leher atau tengkuk anak kucing tadi dengan gigi-giginya, sehingga tidak menyebabkan rasa sakit kepada si anak kucing.

Bukan hanya itu, ketika induk kucing menjepit leher atau tengkuk anaknya, suatu hal yang sangat menarik pun terjadi. Yaitu tubuh si anak kucing tadi menjadi membungkuk, kaki-kakinya terlipat, dan mereka pun menjadi diam kaku, sehingga mudah dibawa oleh si induk.

Insting alami dari si anak kucinglah yang berperan dalam membuat si anak kucing menunjukkan respons yang sangat mempermudah induk kucing ini.

Lalu bagaimana ketika induk kucing tidak menggendong anaknya dengan cara ini?

Sama seperti pada manusia, induk kucing pun menjalani masa-masa belajar untuk menjadi seekor induk yang baik bagi anak-anaknya.

Adalah hal yang sangat umum bagi kucing yang baru pertama kali menjadi seekor induk, untuk melakukan berbagai kesalahan aneh dalam merawat anak-anaknya, termasuk dalam hal menggendong anaknya.

Jadi ketika kamu melihat kucingmu menggendong anak-anaknya dengan cara yang berbeda (apalagi jika ia baru pertama kali jadi induk), misalnya dengan menggigit leher namun tidak membuat anak kucing jadi tenang atau menggigit area lainnya, maka tenang saja!

Si induk kucing secara perlahan akan belajar bagaimana cara merawat dan menjadi seekor ibu yang baik untuk anak-anaknya. Dan dengan sendirinya akan tahu bagaimana cara menggendong anak-anaknya dengan baik dan benar.

Jadi, apakah ini cara yang tepat untuk menggendong kucing?

Jika cara induk kucing menggendong anaknya membuatmu berpikir bahwa cara terbaik menggendong atau mengangkat kucing adalah dengan cara mengangkat lehernya, maka kamu salah!

Bagi kucing dewasa, menyentuh area leher bagian atas atau tengkuknya merupakan sebuah tindakan yang mengancamnya. Memang, jika kamu menjepit area itu, si kucing akan menjadi diam, namun bukan karena tenang, melainkan karena ia merasa tertekan, takut, atau perasaan-perasaan tidak nyaman lainnya.

Dan jika kamu memaksakan mengangkat kucing yang sudah tidak bayi lagi di lehernya, maka hal ini malah akan menimbulkan rasa sakit pada si kucing tadi.

Bahkan sebenarnya, sangat banyak kucing yang tidak suka digendong. Hal ini karena perasaan melayang di udara dan tidak memiliki pijakan yang kuat bukanlah hal yang disukai oleh kucing. Hal ini malah membuat mereka menjadi sangat takut dan sangat stres.

Dan jika pun ia suka digendong, masing-masing kucing memiliki seleranya sendiri-sendiri ketika digendong; ada kucing yang suka digendong berbaring seperti bayi, dan ada pula yang hanya mau digendong jika ia bisa berdiri dan memiliki pijakan yang aman.

Tapi yang pasti, kebanyakan kucing tidak suka jika ia digendong dengan tiba-tiba. Melainkan mereka akan merasa lebih nyaman, jika mereka digendong secara perlahan dan sebelumnya sudah tahu bahwa mereka akan digendong olehmu.