| 1054 0

Jadi, Siapakah Anjing Tercepat di Dunia?

Selain memiliki indera penciuman dan pendengaran yang luar biasa, beberapa anjing dilengkapi dengan berbagai kelebihan lainnya. Salah satunya adalah kemampuan berlari yang sangat luar biasa cepat.

Dan berikut ini adalah 10 jenis anjing paling cepat yang hidup di muka Bumi ini.

Sebagai perbandingan, kecepatan tertinggi Usain Bolt, salah satu pelari tercepat di dunia adalah 44,72 km/jam.

#10 – Border Collie – 48,28 km/jam

Border Collie

Border Collie

Di urutan 10, dengan kecepatan sedikit lebih cepat daripada Usain Bolt adalah si anjing penggembala Border Collie. Dan yang lebih hebat, selain bisa lari dengan cepat, mereka juga memiliki stamina yang besar sehingga bisa terus berlari dalam waktu yang cukup lama.

#10 – Standard Poodle – 48,28 km/jam

Standard Poodle

Standard Poodle

Kagetkah kamu melihat ada nama ”poodle” dalam urutan anjing tercepat di dunia? Namun begitulah kenyataannya! Standard Poodle (ingat! Bukan Miniature Poodle) juga merupakan salah satu anjing tercepat di dunia. Ia memiliki kecepatan yang sama dengan Border Collie si anjing penggembala.

#10 – German Shepherd – 48,28 km/jam

German Shepherd

German Shepherd

Dan anjing ketiga yang memiliki kecepatan yang sama dengan 2 rekan lainnya adalah sang German Shepherd. Ya! Ternyata selain memiliki mental yang tangguh dan penciuman yang sangat luar biasa, anjing “langganan” polisi ini juga merupakan salah satu anjing tercepat di dunia.

#9 – Doberman Pinscher – 51,50 km/jam

Doberman Pinscher

Doberman Pinscher

Anjing satu ini memang dikenal sebagai pilihan utama ketika mencari anjing penjaga. Tubuhnya tinggi, mentalnya tangguh dan berani, dan bagi yang takut anjing, tampang dan gonggongannya memang cukup menyeramkan. Dan ternyata ia juga bisa berlari dengan sangat cepat!

#8 – Whippet – 54,71 km/jam

Whippet

Whippet

Manja, aktif, dan berlari dengan cepat; adalah 3 karakter utama anjing jenis Whippet. Dan karena sejak dulu ia sudah dipelihara untuk dijadikan anjing pemburu, maka kecepatan larinya yang luar biasa harusnya bukan lagi menjadi hal yang mengejutkan.

#7 – Borzoi – 57,94 km/jam

Borzoi

Borzoi

Jenis anjing yang dikembangkan di Rusia ini merupakan pilihan favorit para kaum bangsawan ketika mereka hendak berburu. Selain cepat mereka juga memilik bulu yang panjang dan indah, yang perlu rutin dirawat, agar tetap terlihat cantik.

#6 – Dalmatian – 59,55 km/jam

Dalmatian

Dalmatian

Ini dia sang tokoh 101 Dalmatians, yang ternyata juga bisa berlari dengan sangat kencang. Namun, tahukah kamu jika Dalmatian cenderung terlahir tuli? 22-24% anjing jenis Dalmatian lahir dengan masalah pendengaran pada salah satu telinganya.

#5 – Jack Russel Terrier – 61,16 km/jam

Jack Russel Terrier

Jack Russel Terrier

Tubuh anjing ini memang bisa dikatakan cukup mungil, namun jangan salah! Ia bisa berlari dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam. Jika kamu memelihara anjing ini, maka kamu perlu memberinya banyak stimulasi, karena anjing ini dikenal sebagai anjing yang mudah merasa bosan.

#3 – Vizsla – 64,37 km/jam

Vizsla

Vizsla

Sudah sampai di tiga besar anjing tercepat di dunia.

Dan urutan ketiga anjing tercepat di dunia dipegang oleh dua anjing. Yang pertama adalah Vizsla, si anjing aktif dari negeri Hungaria. Pemilik anjing ini dikenal harus siap meluangkan waktu yang banyak untuk beraktivitas fisik bersamanya, jika tidak mau si anjing jadi stres.

#3 – Afghan Hound – 64,37 km/jam

Afghan Hound

Afghan Hound

Yang kedua di urutan 3 anjing tercepat di dunia, adalah Afghan Hound. Anjing yang berasal dari Afghanistan ini merupakan salah satu ras anjing tertua di dunia. Sifatnya juga cukup unik, yaitu mandiri dan keras kepala. Sehingga untuk melatih anjing ini dibutuhkan sedikit usaha dan kesabaran yang ekstra.

#2 – Saluki – 67,59 km/jam

Saluki

Saluki

Di urutan kedua anjing tercepat di dunia, adalah Saluki, yang juga termasuk salah satu ras anjing tertua di dunia. Saking tuanya, bahkan mereka sudah dipelihara sejak zaman Mesir kuno. Terbukti dengan ditemukannya anjing Saluki yang dimumikan bersama dengan salah satu mumi firaun.

Sejak zaman dahulu ia sudah dipilih sebagai anjing pemburu, sehingga kecepatannya yang luar biasa, bukanlah hal yang mengherankan lagi.

#1 – Greyhound – 72,42 km/jam

Greyhound

Greyhound

Dan anjing tercepat di dunia adalah Greyhound, dengan kecepatan jauh di atas kecepatan Usain Bolt. Anjing yang memiliki postur tubuh unik ini juga sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno, dan sudah banyak dikagumi oleh banyak orang sejak zaman dahulu kala.

Bahkan, kabarnya Ratu Cleopatra pun merupakan salah satu pengagum anjing jenis ini.

Yang paling menarik adalah fakta bahwa meskipun anjing ini bisa berlari dengan sangat cepat, ia termasuk kategori anjing pemalas. Dibandingkan berlari-lari ke sana kemari, anjing ini lebih menyukai untuk bersantai dan bermalas-malasan bersama orang yang ia sukai.