| 2042 0

Tips Mudah Menghilangkan Urine Anjing dan Baunya

Tips menghilangkan bau urine anjing

Terjadinya accident (anjing buang air sembarangan) adalah hal yang tidak bisa sepenuhnya dipisahkan dari memelihara anjing. Seberapa ahli atau terlatihnya si anjing, ada kalanya masalah ini akan terjadi pada anjingmu. Bisa jadi disebabkan oleh masalah kesehatan yang menyerangnya, bisa pula disebabkan oleh masalah emosional yang dialaminya.

Yang pasti, ketika memelihara anjing, maka kamu harus siap membersihkan urinenya ketika ia mulai buang air sembarangan. Berikut tips mudahnya

Langkah pertama: mengeringkan/membersihkan urine

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeringkan urinenya terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan handuk atau kain lainnya dan biarkan urine meresap ke air. Jika di karpet, maka kamu dapat melapisi kedua area yang terkena urine anjing (atas dan bawah) agar urinenya terserap lebih cepat lagi.

Untuk peresapan yang lebih baik, kamu dapat menekan kain tadi (bisa dengan tangan atau berdiri di atasnya).

Perhatikan! Kain yang kamu gunakan tadi akan menjadi bau pesing, kemungkinan besar kamu tidak akan mau menggunakannya lagi, jadi sebisa mungkin pakailah kain yang benar-benar sudah tidak digunakan lagi.

(Catatan, sebenarnya juga bisa menggunakan tisu, namun bisa jadi kamu akan membutuhkan tisu dalam jumlah yang cukup banyak demi memastikan urine anjing terserap dengan baik.)

Langkah kedua: gunakan baking soda untuk menghilangkan bau urine

Setelah cukup kering, sekarang kita dapat menghilangkan aroma tidak sedap dari urine. Dan untuk melakukan ini, bahan utama yang akan dibutuhkan, adalah baking soda.

Baking soda di sini berperan sebagai pemecah amonia, yang kemudian menyebabkan bau tidak sedap dari urine anjing akan hilang.

Cara pakainya, tebarkanlah baking soda ke area sisa urine anjing yang sudah dikeringkan sebelumnya, dan diamkan hingga beberapa saat.

Berapa lama waktu kamu perlu mendiamkan baking soda ini, tergantung dari kepekatan urine si anjing (yang umumnya tergantung seberapa banyak air yang anjing minum).

Semakin pekat, maka semakin sulit bau urine akan hilang, yang artinya semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan baking soda.

Jadi, jika kamu merasa baking soda ini sudah berhasil menghilangkan bau urinenya, maka majulah ke tahap berikutnya. Namun, jika kamu tidak yakin akan waktu yang dibutuhkan oleh baking soda, maka kamu dapat mengambil jalan aman, dan mendiamkan baking soda selama semalam (6 – 8 jam), untuk memastikan baking soda benar-benar sudah menghilangkan bau dari urine.

Langkah ketiga: vakum baking soda

Setelah didiamkan selama semalam, vakumlah baking soda yang disebarkan tadi. Atau jika tidak ada vakum, kamu juga dapat menggunakan sapu, namun pastikan baking benar-benar hilang.

Hal ini penting dilakukan, agar ketika melakukan langkah berikutnya, tidak terjadi reaksi kimia yang dapat merusak karpet atau lantai tempat si anjing kesayangan buang air tadi.

(baking soda dan cuka akan menghasilkan reaksi mengikis, yang memang sangat baik dalam membersihkan noda menempel, namun juga berisiko merusak apa yang ditempeli noda tadi).

Langkah keempat: gunakan campuran cuka dan air

Buatlah campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1, dan masukkan ke dalam botol spray. Jika kamu mau, kamu dapat menambahkan isi tambahan seperti parfum, atau essential oil untuk memberi aroma segar.

Campuran air dan cuka ini akan berperan untuk menghilangkan noda yang tersisa karena urine anjing.

Cara penggunaannya, semprotkanlah cairan ini ke area sisa urine anjing tadi, dan kemudian sekalah menggunakan kain atau sponge. Lakukanlah hingga beberapa kali (3-4 kali).

Tips tambahan, gunakanlah sarung tangan ketika melakukan langkah ini demi higienitas, dan agar campuran ini tidak merusak kulitmu (khususnya bagi mereka yang memiliki masalah kulit sensitif).

Dan boom! Kini jejak urine dari anjing kesayanganmu akan hilang dengan sepenuhnya. Jika kamu mau, kamu dapat mulai mengepel seisi rumah agar aroma rumahmu menjadi segar, dan kamu akan benar-benar lupa dengan accident yang terjadi sebelumnya.

 

(Oh iya, langkah-langkah di atas juga bisa diterapkan untuk urine kucing, namun biasanya urine kucing lebih pekat daripada anjing, sehingga proses menghilangkan aroma tak sedap dan noda dari urinenya mungkin akan lebih sulit/lama dibandingkan pada anjing.)