| 575 0

Anjingku Banyak Buang Air Kecil, Perlu Waspadakah?

Buang air kecil adalah hal yang sangat normal terjadi pada mamalia, termasuk anjing. Namun, ketika intensitas buang air kecil si anjing jadi terlalu sering dan banyak, kira-kira apa yang terjadi?

Apakah ada masalah kesehatan yang perlu diperhatikan? Atau hal ini normal pada anjing? Kali ini kita akan mengulas topik ini secara cukup mendalam. Sehingga kamu tak perlu lagi terlalu panik dan bingung ketika hal ini terjadi.

Marking bukan buang air kecil!

Pertama, kita harus memahami bahwa marking bukanlah “buang air kecil” yang akan kita bicarakan kali ini. Apa bedanya?

Air yang keluar dari anjing ketika ia buang air kecil akan mengalir dalam jumlah yang cukup banyak dan cukup pelan. Sebaliknya, ketika marking, anjing akan menembakkan air dengan cepat dan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Setelah jelas perbedaannya, mari kita lanjutkan…

Suhu panas membuat ia banyak buang air

Ketika suhu panas, maka anjing akan menjadi mudah haus, yang menyebabkan konsumsi air minumnya juga menjadi lebih banyak. Dan karena karena anjing tidak bisa banyak berkeringat layaknya kita, maka satu-satunya cara untuknya mengeluarkan cairan tubuh, adalah lewat buang air.

Oleh karena itu, jika anjing menjadi banyak buang air, karena ia banyak minum air, dan suhu memang sedang sering panas, maka jangan panik. Hal ini normal.

Diabetes pada anjing menyebabkan ia banyak buang air

Namun, jika suhu tidak terlalu panas, tetapi ia tetap banyak minum air dan banyak buang air; maka bisa jadi anjingmu menderita diabetes. Salah satu efek tingginya kadar gula darah ke tubuh anjing adalah munculnya rasa haus yang berlebihan pada dirinya.

Hal ini pun mendorong anjing untuk terus minum banyak melebihi kebutuhannya, yang kemudian menyebabkan anjing harus banyak buang air.

Jadi pahamilah alasan anjingmu banyak minum air, jika karena alasan yang normal (seperti suhu yang panas) maka jangan panik. Namun jika kebiasaan ini muncul tanpa alasan yang jelas, jangan ragu memeriksakannya ke dokter hewan, apalagi jika anjingmu memiliki kondisi yang mudah menyebabkannya terserang diabetes, misalnya kegemukan.

Infeksi kandung kemih juga menyebabkan ia banyak buang air

Ada juga masalah-masalah yang relatif lebih kecil dibandingkan diabetes, yang salah satu gejalanya adalah meningkatnya intensitas buang air si anjing kesayangan. Salah satu yang paling umum adalah infeksi kandung kemih.

Biasanya, anjing yang mengalami masalah ini, urinenya akan bercampur dengan darah atau terlihat berkabut (tidak jernih). Masalah ini sendiri cukup mudah untuk ditangani, yaitu dengan penggunaan antibiotik (yang tentunya tetap harus digunakan berdasarkan rekomendasi dokter hewanmu).

Usia lanjut juga akan meningkatkan intensitas buang airnya

Menurunnya kemampuan fisik anjing yang sudah senior, juga akan menyebabkan ia menjadi harus buang air dengan lebih sering. Jadi ketika anjingmu yang mulai beranjak tua mulai sering buang air, maka hal ini bisa jadi merupakan hal yang normal.

Yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan keadaan baru yang dimiliki oleh anjing senior kesayanganmu itu.

Pasca sterilisasi dapat menyebabkan anjing banyak buang air

Banyak orang yang memiliki pengalaman bahwa anjing akan mulai banyak buang air setelah ia menjalani proses sterilisasi, bahkan sering berupa accident (buang air sembarangan/tidak terkontrol). Hal ini bisa dikatakan salah dan benar.

Salah, karena bukan sterilisasi tadi yang menyebabkan anjing  jadi memiliki masalah ini (jadi hal ini bukan alasan untuk tidak melakukan sterilisasi pada anjingmu).

Benar, karena umumnya masalah ini muncul karena ada kesalahan pada proses sterilisasi. Menariknya masalah ini sering berasal dari masalah punggungnya, yaitu punggung si anjing menjadi terlalu tertarik ketika berjalannya proses, yang kemudian menyebabkan ia tidak bisa mengontrol kandung kemihnya.

Mengatasi masalah punggung ini bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah buang air pada anjingmu.

 

Kuncinya, pahami kebiasaan buang air anjingmu, Dengan memahami hal ini maka kamu dapat tahu dengan cepat ketika ia menjadi lebih banyak buang air. Dan dengan memahami keadaan si anjing, maka kamu dapat tahu, apakah hal ini normal, atau merupakan sebuah masalah kesehatan yang harus ditanggapi dengan cepat.