| 811 0

Mengapa Anjing Bisa Menjadi Sangat Loyal?

mengapa anjing sangat loyal?

Anjing dikenal sebagai salah satu sahabat manusia yang paling loyal. Mereka mau menemani, melindungi, dan menolong kita, dan karena itu, memiliki anjing sebagai teman, adalah hal yang sangat membahagiakan.

Namun, pernahkah terpikirkan olehmu, mengapa anjing sangat loyal? Apakah loyalitas adalah nilai yang terpatri di gen dan instingnya, atau loyalitas ini sifatnya sebab-akibat?

Mari cari tahu bersama-sama!

Mereka adalah makhluk kawanan (pack animal)

Ternyata, loyalitas anjing adalah hal-hal yang benar-benar sudah terpatri di dalam gen dan insting mereka. Anjing, sebagai makhluk kawanan, adalah makhluk yang akan hidup lebih baik, ketika ia hidup bersama teman-temannya.

Dan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka sebagai hewan kawanan, loyalitas adalah sebuah hal yang sangat dibutuhkan, yang untungnya juga merupakan bagian alami dari insting dan gen mereka.

Lewat loyalitas ini, mereka dapat dengan bersosialisasi dan menciptakan hubungan pertemanan yang baik dengan anjing ataupun makhluk lainnya, salah satunya manusia.

Jadi, ketika anjingmu menunjukkan loyalitasnya kepadamu, maka hal ini dapat diartikan bahwa kamu sudah diterima oleh anjing sebagai bagian dari keluarga atau kawanan anjing tersayangmu tersebut.

Sejarah panjang pertemanan manusia dan anjing

Peneliti menemukan bahwa anjing dan manusia sudah berteman sejak beribu-ribu tahun lamanya (diperkirakan pertemanan ini sudah terjalin sejak tahun 9000 SM).

Selama ribuan tahun pertemanan panjang ini, manusia dan anjing pun belajar bagaimana cara terbaik untuk hidup berdampingan dan saling menguntungkan.

Manusia belajar bagaimana cara menghargai anjing dan membuat hidup anjing lebih sejahtera. Sementara anjing belajar bagaimana cara untuk membantu dan menyesuaikan hidup mereka dengan kehidupan manusia.

Dan karena pertemanan yang panjang ini, muncullah rasa solidaritas dan loyalitas di antara manusia dan anjing.

Bahkan, tidak sedikit ahli yang percaya, bahwa proses pertemanan yang panjang ini turut mempengaruhi proses evolusi anjing, dari serigala atau anjing yang pertama kali dipelihara manusia ribuan tahun lalu, ke anjing yang menjadi hewan peliharaan di rumah kita sekarang.

Dan dalam evolusi ini, faktor loyalitas anjing kepada manusia, merupakan salah satu faktor pembeda penting antara anjing zaman sekarang dengan serigala ribuan tahun lalu.

Karena perlakuan kita kepada si anjing

Faktor lain yang menjelaskan mengapa anjing loyal kepada kita adalah karena perlakuan kita kepada si anjing. Perhatian yang kita berikan serta rasa nyaman yang kita berikan kepada anjing menyebabkan anjing menganggap kita adalah temannya.

Karena menganggap kita adalah temannya, maka merek pun jadi percaya kepada kita, sayang kepada kita, dan loyal kepada mereka

Dan loyalitas yang anjing berikan merupakan hadiah terbaik mereka atas perlakuan baik yang kita berikan kepada mereka. Loyalitas ini adalah salah satu cara mereka untuk menunjukkan rasa cintanya kepada kita.

Hal ini benar-benar sama seperti kita manusia, di mana kita akan menunjukkan loyalitas kita kepada teman kita yang benar-benar kita percayai dan sayangi.

Jadi, ketika anjing tidak loyal kepada seseorang, maka dapat diartikan si manusia belum melakukan hal yang terbaik, yang membuat anjing menjadi percaya dan loyal.

 

Lalu menurutmu, faktor manakah yang benar-benar menjadi alasan utama anjing menjadi loyal kepada kita? Apakah karena insting mereka sebagai makhluk kawanan, apakah karena sejarah pertemanan manusia dan anjing, atau karena perlakukan baik kita kepada mereka?