| 1196 0

Inilah Dia 5 Ras Kucing Terkecil Sejagat Raya

5 Ras Kucing Terkecil

Faktor kemungilan dari kucing sering kali menjadi daya tarik utama orang-orang suka dan mau memelihara kucing.

Dari sisi emosional, kemungilan tubuh kucing ini (ditambah dengan sikap dan perilaku uniknya), membuat si kucing menjadi tampak lebih lucu dan menggemaskan.

Sedangkan dari sisi fungsional, tubuh kucing yang mungil ini membuat ia relatif lebih mudah dirawat di dalam rumah, sehingga banyak orang merasa mudah untuk merawatnya.

Dan bagi kamu yang benar-benar suka dengan kucing yang mungil, berikut ini adalah 5 jenis kucing terkecil di dunia (bahkan, ada yang berbobot cuma 1 kg!).

#5 – Devon rex

Devon Rex

Devon Rex

Tubuh kecil, wajah unik, dan kuping lebar, Inilah ciri khas dari kucing jenis Devon rex. Kucing yang berasal dari Benua Amerika ini masuk ke jajaran jenis kucing terkecil di dunia, karena mereka memiliki berat rata-rata yang hanya 2 – 4 kg.

Dari sisi sikap, kucing ini dikenal dengan sikapnya yang ramah dan manja, namun jika diperlukan, ia juga mampu bersikap mandiri dan tangguh, meskipun bertubuh kecil.

Selain tubuhnya yang kecil, ciri khas lain dari kucing ini adalah bulunya yang sangat pendek, sehingga kucing ini juga termasuk dalam kategori kucing hypoallergenic, yaitu kucing-kucing yang memproduksi allergen yang lebih sedikit, sehingga risikonya memicu reaksi alergi terhadap penderita alergi juga menjadi lebih kecil.

#4 – Skookum

Skookum

Skookum

Di posisi keempat ada kucing berjenis Skookum, yang memiliki berat rata-rata 1 – 4 kg. Skookum sendiri merupakan kucing yang lahir dari persilangan dua jenis kucing lainnya, yaitu Munchkin dan LaPerm, yang dari dua kucing inilah, Skookum memiliki 2 karakteristik khasnya. Yaitu tubuh mungil dari Munchkin, dan bulu yang yang ikal atau keriting dari LaPerm.

Karena tubuhnya yang kecil, kucing Skookum yang dewasa pun akan terlihat seperti seekor anak kucing. Namun, bukan berarti bahwa ia memiliki tubuh yang lemah, karena sebaliknya, Skookum dikenal sebagai kucing yang memiliki otot yang kuat dan padat, sehingga ia bisa benar-benar beraksi dengan lincah.

Fun Fact, Skookum dalam bahasa Inggris merupakan kata yang berarti kuat atau tangguh. Pemberian nama ini cukup unik dan menarik, mengingat kondisi fisiknya yang kecil dan lucu.

#3 – Munchkin

Munchkin

Munchkin

Kucing Munchkin jantan dewasa memang memiliki tubuh yang “cukup besar” yaitu 4 – 5 kg. Namun karena ukuran tubuh kucing betinanyalah, yang bobot rata-ratanya hanya 2 – 3 kg, yang membuat kucing Munchkin menempati posisi ketiga ras kucing terkecil di dunia.

Namun, meskipun tubuhnya sangat kecil, bukanlah ukuran tubuh tadi yang menjadi ciri khas kucing Munchkin ini, melainkan ukuran kakinya yang sangat pendek, yang terkadang tidak proporsional dengan ukuran tubuh lainnya. Kaki pendek ini sendiri disebabkan oleh mutasi gen yang dialami oleh kucing jenis ini.

Dari sisi sikap, kucing ini dikenal amat manja dan ramah, dan memiliki rasa ingin tahu dan keinginan bermain yang besar, sehingga pemelihara kucing ini harus siap terpingkal-pingkal dengan aksi lucu dan manja si kucing.

#2 – Korat

Korat

Korat

Di urutan kedua kucing terkecil di dunia, adalah kucing yang berasal dari Thailand, yaitu Korat, yang rata-rata bobot tubuhnya adalah 2 – 4 kg.

Ada banyak hal menarik dari kucing jenis ini yang layak diperbincangkan.

Pertama, berbeda dengan kucing lainnya di daftar ini, kucing Korat dipercaya memang lahir alamiah bertubuh kecil, dan bukan hasil persilangan sengaja, demi menciptakan kucing bertubuh kecil. Hal ini didukung dengan fakta bahwa keberadaan kucing ini sudah dideskripsikan sejak abad ke-14.

Kedua, kucing ini merupakan simbol keberuntungan dan hal-hal baik lainnya bagi masyarakat Thailand. Oleh karena itu, tak heran kucing ini sering dijadikan sebagai hadiah, yang biasanya kucing ini selalu diberikan secara berpasangan (jantan dan betina).

Khusus bagi pengantin baru, pemberian sepasang kucing ini merupakan sebuah doa agar keluarga baru tersebut menjadi beruntung, bahagia, dan subur.

Ketiga, kucing ini dikenal memiliki usia yang sangat panjang. Yaitu mereka bisa hidup dengan usia rata-rata yang mencapai 30 tahun, yang artinya selain menjadi salah satu kucing terkecil di dunia, kucing ini juga termasuk salah satu kucing berusia terpanjang di dunia.

#1 – Kucing Singapura

Kucing Singapura

Kucing Singapura

Dan kucing terkecil di dunia, dijuarai oleh jenis kucing Singapura. Kucing ini layak menjadi kucing terkecil di dunia karena berat rata-ratanya hanya 1 – 3 kg.

Meskipun bernama kucing Singapura, asal muasal kucing ini ini masih diperdebatkan. Ada yang berpendapat bahwa kucing ini memang berasal dari Singapura, namun ada pula yang percaya bahwa kucing ini sebenarnya berasal dari tempat lain.

Tapi yang pasti kucing ini merupakan juara bertahan dari jenis kucing terkecil di dunia.

Selain tubuh kecilnya, kucing ini juga dikenal memiliki wajah yang manis dan bulu yang indah. Kombinasi dari tiga hal ini pun berhasil membuat si kucing Singapura dinobatkan sebagai salah satu kucing tercantik di dunia.