| 891 0

Mengapa Kamu Seharusnya TIDAK Merantai Anjing!

Stop Merantai Anjing

Merantai anjing bukanlah sebuah tindakan yang bijak! Tindakan kejam ini merupakan sebuah bentuk perlakukan kekerasan terhadap anjing, yang dampaknya buruknya bisa dirasakan langsung oleh anjing dan kita manusia.

Merantai anjing adalah sebuah tindakan kejam!

Anjing pada dasarnya adalah makhluk sosial, yang senang hidup dekat dengan orang lain, entah itu anjing lainnya, kita manusia, dan dalam beberapa kasus hewan-hewan lain.

Mereka akan lebih bahagia ketika mereka bisa berinteraksi langsung dengan orang-orang yang mereka sayangi dan mereka percayai. Selain itu, mereka juga memerlukan yang ruang untuk bisa bergerak dengan bebas.

Yang tentunya hal-hal di atas tidak akan bisa dimilikinya ketika dirantai. Keadaan ini pun kemudian akan menyebabkan luka psikologis pada mental anjing.

Selain itu, insting alami anjing adalah untuk hidup, makan, dan minum jauh dari tempatnya buang air; yang ketika ia dirantai, tentu hal ini tidak bisa terpenuhi. Yang kemudian membuat hidupnya menjadi lebih tersiksa dan memperparah luka psikologisnya.

Dampak dari luka psikologis ini pun besar kemungkinan menyebabkan berbagai efek buruk pada mental anjing. Ia bisa menjadi jauh lebih penakut ataupun menjadi jauh lebih agresif.

Bukan hanya mental, fisiknya juga tersiksa

Merantai anjing juga bisa menyebabkan berbagai dampak buruk ke fisik si anjing. Misalnya, ketika dirantai, berarti ia dapat dengan mudah terkena serangan-serangan dari serangga atau hewan-hewan lainnya.

Ia akan digigiti atau disengat oleh hewan tersebut tanpa memiliki kemampuan yang cukup untuk menghindar atau melawan.

Anjing yang dirantai juga besar kemungkinan akan merasa sangat tidak nyaman dengan rantai dan berusaha sebaik mungkin melepaskan rantai tersebut. Dan salah satu cara yang paling sering anjing lakukan untuk lepas dari rantai adalah dengan menarik paksa rantai tersebut.

Tentu saja, tindakan ini akan membuat rantai yang mengikat lehernya menjadi mencekik si anjing, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan luka pada si anjing (bahkan ada kasus anjing yang meninggal karena tercekik rantai lehernya sendiri).

Merantai bukanlah cara melatih anjing penjaga

Ada opini populer yang percaya bahwa dengan merantai anjing, maka anjing akan menjadi tegas dan bisa menjadi anjing penjaga yang baik.

Hal ini adalah salah!

Karena sebaliknya, merantai akan merusak mental anjing yang kemudian membuatnya menjadi terlalu penakut atau terlalu ganas tidak terkendali. Dua sifat ini bukanlah sifat ideal untuk anjing penjaga.

Dan lagi, kegalakan anjing karena dirantai inilah yang sering diartikan sebagai tegas.

Padahal, untuk menjadi anjing penjaga yang baik, yang diperlukan adalah sikap melindungi yang didasari rasa percaya anjing terhadap kita, dan bukannya sikap agresif yang didasari oleh pengalaman tidak menyenangkan dan perasaan tidak percaya oleh anjing.

Kesalahpahaman tentang cara melatih anjing penjaga ini pulalah yang kemudian sering memicu terjadinya kecelakaan. Anjing dirantai, ia menjadi agresif tidak terkendali, dan pada akhirnya mulai menyerang orang-orang tidak bersalah.

Merantai anjing tidaklah melindungi orang lain

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa merantai anjing, merupakan cara orang untuk melindungi orang-orang dari serangan anjing.

Hal ini juga sangat salah!

Karena sebaliknya, dengan merantai anjing, ia akan menjadi tidak bisa mempercayai orang lain, yang kemudian membuatnya mudah bersikap agresif terhadap orang lain.

Jika hanya mengandalkan rantai sebagai cara agar ia tidak menyerang orang lain, maka akan selalu ada kemungkinan bagi si anjing untuk bisa terlepas dari rantai dan mengejar atau menyerang orang yang tidak bersalah.

Bagaimana dengan merantai agar anjing tidak kabur dari rumah?

Jika ini alasan dari merantai anjing, maka berilah anjing kandang!

Ia tetap tidak akan bisa kabur dari rumah, dan ia bisa hidup dengan lebih nyaman. Bahkan jika kandang dibuat sebaik mungkin, anjing bisa menjadikannya sebagai rumah tempatnya untuk berlindung atau beristirahat.

Malah, jika anjing terus berusaha kabur, bukankah itu artinya ada alasan tertentu di baliknya, yang lebih baik diselesaikan sebaik mungkin daripada merantai si anjing?

 

STOP MERANTAI ANJING!