| 438 0

3 Tips Menurunkan Berat Badan Anjing yang Kegemukan

Tips Menurunkan Berat Badan Anjing Kegemukan

Obesitas bukanlah hal yang bisa diremehkan! Hal ini bisa berbahaya bagi manusia, dan berbahaya pula bagi anjingmu.

Oleh karena itu, sebaik mungkin jagalah kondisi fisik si anjing kesayangan agar ia terhindar dari masalah kegemukan.

Dan jika pun ia sudah mengalami kegemukan, jangan takut! Karena lewat kesabaran dan usaha untuk memperbaiki gaya hidupnya, kamu dapat membantu anjingmu menurunkan berat badannya.

Berikut ini 3 tips sederhana namun ampuh untuk mengurangi berat badan anjingmu.

Perbaiki kebiasaan tidur dan istirahat anjingmu

Salah satu kunci untuk membantu anjingmu mengurangi berat badannya, adalah dengan memastikan ia dapat beristirahat dengan cukup, terutama dalam tidur malamnya.

Mengapa?

Hal ini erat hubungannya dengan bagaimana cara tubuh bekerja. Ketika tubuh dipaksa bekerja terlalu berat (misalnya karena kurang tidur) maka metabolisme dan produksi hormon tubuh anjing akan menjadi terganggu.

Dan terganggunya metabolisme dan produksi hormon tubuh ini, akan membuat tubuh anjing tidak dapat memproses asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya dengan maksimal, yang kemudian malah menumpuk menjadi lemak.

Sebaliknya, jika ia mendapat istirahat yang cukup (tidak kurang dan tidak pula berlebihan) tubuhnya akan bekerja dengan maksimal, termasuk dalam hal memproses asupan yang masuk dan pembakaran lemak menumpuk dalam tubuhnya.

Perbaiki dietnya

Mengurangi porsi makan anjing memang sering menjadi salah satu andalan orang untuk mengurangi berat badan anjingnya.

Dan secara umum, hal ini memang benar. Namun dalam kenyataannya memperbaiki diet anjing lebih dari sekedar mengurangi porsinya.

Pertama adalah memperbaiki apa yang ia makan. Terutama dari sisi kadar kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuhnya. Terkadang, tanpa kamu sadari makanan anjingmu mengandung terlalu banyak lemak atau kalori.

Dan karena anjingmu menyukainya (dan kamu percaya pada makanan tersebut), maka kamu pun dengan suka hati memberinya makanan tersebut tanpa teliti terlebih dahulu.

Hal ini sendiri cukup sering terjadi jika kamu memberi makan anjingmu makanan olahan sendiri, yang total lemak dan kalorinya tidak dihitung dengan teliti.

Kedua adalah dengan memperbaiki kebiasaan kita memberinya makanan kecil atau camilan. Sering kita tidak menyadari bahwa camilan-camilan kecil yang kita beri ke anjing ternyata berlebihan dan membuatnya menjadi kegemukan.

Dan sebenarnya, banyak dokter hewan yang sudah menekankan pentingnya bagi pemilik untuk memperhatikan kebiasaan mereka memberi camilan ke anjing.

Mereka berharap pada pemilik untuk tidak memberi anjing terlalu banyak camilan atau menggantinya ke makanan-makanan sehat yang tidak menggemukkan, misalnya wortel atau buah-buahan.

Ketiga, barulah memperhatikan porsi makan si anjing. Anjing sering kali tidak sadar jika ia sudah terlalu banyak makan. Oleh karena itu adalah tugas kita sebagai pemiliknya untuk memastikan si anjing kesayangan tidak makan berlebihan.

Jangan tertipu dengan semangat makan si anjing! Karena mereka akan tetap makan dengan lahap meskipun sudah terlalu banyak makan.

Sebaliknya, jagalah porsi makan anjingmu dengan ketat. Jika kamu terbiasa memberinya makanan dalam jumlah yang banyak, maka cobalah untuk menguranginya secara perlahan-lahan.

Berolahraga

Banyak orang yang berpendapat, bahwa faktor makanan adalah faktor utama yang menentukan anjing menjadi gemuk atau tidak. Dan pendapat ini tidak sepenuhnya salah.

Namun, berolahraga dengan rutin juga sangat penting dalam membantu anjing membakar lemak menumpuk pada tubuhnya, agar ia jadi sehat dan tidak kegemukan.

Jadi, selalu sediakan waktu yang cukup untuk kamu dan anjingmu untuk berolahraga bersama, karena hal ini akan membantu mengendalikan berat badan dan kesehatan, baik untuk si anjing dan kamu.

 

Terakhir, kegemukan pada anjing bukanlah hal yang mudah untuk disadari, terutama pada anjing bertubuh kecil. Ia bisa saja tampak gempal dan menggemaskan di luar, namun ternyata sudah masuk dalam kategori kegemukan.

Kamu sebaiknya sering berkonsultasi dengan dokter hewan kepercayaanmu untuk tahu apakah anjingmu sudah memiliki berat yang normal, kekurusan, atau kegemukan.