| 1181 0

10 Nutrisi Baik untuk Anjing yang Ada di dalam Kaldu Tulang

Nutrisi baik kaldu tulang untuk anjing

Sudah banyak orang yang tahu bahwa kaldu tulang adalah salah satu makanan paling menyehatkan karena berbagai manfaatnya. Makanan ini baik untuk manusia dan baik juga untuk banyak hewan lainnya, salah satunya anjing kesayangan kita di rumah.

Pertanyaannya, mengapa kaldu tulang bisa menjadi sangat bermanfaat untuk anjing?

Hal ini dikarenakan kaldu tulang kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan si sahabat kaki empat. Yang dampak kebaikannya berpengaruh kepada si anjing pada berbagai sisi kesehatannya.

Berikut ini 10 nutrisi baik yang ada di dalam kaldu tulang, yang membuatnya sangat baik untuk si anjing kesayangan.

Asam amino

Kaldu tulang memiliki lebih dari 19 jenis asam amino yang mudah diserap oleh tubuh.

Asam amino berguna bagi tubuh karena nutrisi inilah yang akan membentuk protein, yang kemudian berperan dalam membentuk jaringan otot pada tubuh, memperkuat tulang, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap dan membentuk berbagai nutrisi yang diperlukan.

Glycosaminoglycans (GAGs)

Nutrisi ini berguna dalam memperbaiki dan mempertahankan jaringan penghubung antar tulang, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi anjing.

Selain untuk kesehatan sendi, GAGs juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan si anjing kesayangan.

Gelatin

Gelatin merupakan salah satu nutrisi khas dari kaldu tulang, karena gelatin terbentuk dari jaringan kolagen yang menempel pada tulang, yang terpecah dan menyatu dengan air rebusan kaldu.

Bagi anjing, gelatin berguna untuk menjaga kesehatan sendi dan membantu memperkuat tulang miliknya.

Selain itu, gelatin juga berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh anjing dan sistem pencernaannya.

Vitamin

Kaldu tulang juga kaya akan vitamin. Makanan ini mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, vitamin C, vitamin D, dan vitamin K.

Peran dari vitamin-vitamin ini juga sangat luas, mulai dari menjaga daya tahan tubuh anjing, menjaga kesehatan gigi dan tulang, hingga menjaga kesehatan kulitnya.

Zat besi

Zat besi bukan hanya berperan dalam memastikan tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup, melainkan juga berperan dalam menjaga kualitas sel tubuh, kulit, bulu, hingga kuku si sahabat kaki empat.

Elektrolit

Kaldu dari tulang juga mengandung banyak elektrolit yang tubuh butuhkan. Mereka adalah potasium, magnesium, kalsium, sodium, dan klorida.

Fungsi elektrolit-elektrolit ini bagi kesehatan anjing pun amatlah banyak.

Mereka berperan dalam menjaga kemampuan motorik si anjing, membantu menjaga temperatur tubuh agar tetap normal, menjaga kadar cairan dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan sistem pernapasan, pencernaan, menjaga fungsi ginjal, hingga menjaga sistem saraf.

Silikon

Silikon berfungsi dalam meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas berbagai jaringan dalam tubuh anjing. Yang pada akhirnya akan membantu menjaga kesehatan dari tulang, kuku, kulit, dan pembuluh darahnya.

Fosfor

Tulang merupakan salah satu bagian yang kaya akan nutrisi fosfor, sehingga kaldu tulang dapat menjadi salah satu sumber terbaik untuk mendapatkannya.

Bagi anjing, fosfor sendiri berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang dan giginya, serta berperan dalam meningkatkan kinerja sistem saraf dan otot si anjing.

Zinc

Zinc adalah nutrisi yang perannya vital dalam proses penyembuhan. Ia sangat berperan dalam proses pembentukan jaringan otot dan tulang pada anjing.

Selain itu, nutrisi ini juga berperan dalam menjaga kemampuan indera penciuman dan pengecap si anjing.

Copper (Zat tembaga)

Copper berperan dalam membentuk serta menjaga kesehatan sel darah merah dan sel saraf pada tubuh.

Dan lebih dari itu, copper juga berperan sebagai antioksidan bagi tubuh, yang akan melindungi tubuh anjing dari berbagai radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan hingga DNA si anjing kesayangan.