| 877 0

Berbagai Aktivitas yang Cocok untuk Anjing Senior

Aktivitas untuk anjing senior

Ketika anjing sudah mencapai usia senior, tentu ia akan mengalami penurunan kemampuan fisik dan mental. Dan hal ini adalah hal yang sangat wajar.

Tidak perlu panik dan sedih ketika hal ini terjadi. Yang perlu kamu lakukan adalah mengubah bentuk aktivitasnya, agar hidupnya tetap bahagia serta fisik dan mentalnya selalu terasah dengan baik.

Jadi apa sajakah aktivitas yang baik dilakukan oleh anjing senior?

Berenang

Bagi manusia, aktivitas berenang sangat sering digunakan sebagai pilihan bagi orang yang memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu (misalnya masalah sendi). Hal ini karena renang merupakan salah satu olahraga yang minim impact tapi besar efek positifnya ke kesehatan.

Dan ternyata karakteristik dari renang ini sendiri bukan hanya berlaku untuk manusia, melainkan juga bagi anjing, khususnya anjing yang sudah berusia lanjut atau senior.

Berenang akan melatih otot dan tulang anjing senior dengan sangat baik, tanpa memberikan rasa sakit pada sendi mereka.

Efek dari berenang ini berbeda dengan aktivitas umum lain seperti berlari, yang akan melatih fisik anjing, namun besar kemungkinan akan menyebabkan si anjing senior merasa kesakitan nantinya.

Hal ini karena karakter dari air yang memberi beban tambahan bagi anjing, namun tidak menyebabkan impact yang berlebihan bagi sendinya.

Berjalan

Mengeksplorasi daerah sekitar adalah salah satu hal yang sangat anjing butuhkan. Umumnya kita membantu mereka memenuhi kebutuhan ini dengan cara mengajaknya berlari bersama.

Namun bagi anjing senior, jika kita memaksakannya untuk berlari seperti ketika ia masih muda, maka hal ini tentu besar kemungkinan akan menyebabkan si anjing menjadi terlalu kesakitan.

Untuk mengatasi ini, kamu bisa mengganti kegiatan berlari tadi dengan berjalan.

Berjalan dapat memenuhi dua kebutuhan anjing senior secara langsung, kebutuhannya untuk mengeksplorasi dan melatih fisiknya.

Ya! Meskipun efeknya kurang besar, berjalan juga cukup turut membantu dalam melatih fisik anjing.

Yang perlu kamu pertimbangkan ketika mengajak anjing berjalan adalah memperhatikan cuaca di hari tersebut. Karena anjing senior juga mengalami penurunan kemampuan metabolisme tubuh, sehingga situasi hari yang panas dapat dengan mudah membuat si anjing menjadi dehidrasi.

Bermain puzzle

Entah itu food puzzle atau mainan puzzle, puzzle merupakan salah satu opsi terbaik dan termudah untuk memastikan otak dan mental anjing senior tetap terasah.

Melatih otak anjing senior sangatlah penting, karena lewat cara ini kamu dapat memperlambat laju degenerasi otak anjing seniormu.

Dan masalah degenerasi ini sendiri sebaiknya diperhatikan dengan sungguh-sungguh karena dampaknya yang bisa sangat besar pada anjing, mulai dari menjadi pikun, menjadi mudah cemas atau panik, hingga menjadi tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Latihan penciuman

Melatih indera penciuman anjing senior juga merupakan bentuk latihan mental yang sangat baik baginya.

Cara melakukan latihan ini pun mudah dan beragam.

Kamu bisa melakukan latihan ini dengan menggunakan objek favoritnya yang kemudian disembunyikan di tempat tertentu, lalu kamu mengajak si anjing senior untuk mencari benda tersebut bersama-sama.

Atau bisa juga dilakukan dengan cara membawa anjingmu ke luar, biarkan dia menemukan suatu bau tertentu yang menariknya, dan bersama-sama kamu berpetualang menemukan apa sumber bau tersebut.

Meskipun sederhana, trik ini sangat mengimitasi bagaimana anjing hidup di alam liar, yang kemudian membuat anjing senior menjadi terasah insting, mental, kemampuan penciuman, dan juga fisiknya.

Latihan trik lama

Kamu juga bisa melatih ulang trik-trik lama yang sudah ia kuasai sebelumnya.

Fungsi melakukan hal ini sendiri cukup banyak, pertama tentunya adalah memastikan bahwa trik-trik tersebut tetap diingat olehnya, dan ia tetap bisa mempraktekkannya ketika diperlukan.

Selain itu, hal ini juga akan melatih fisik dan mental anjing agar tetap terasah. Dan juga dapat menjadi salah satu bentuk interaksi rutin yang sangat baik antara kamu dan anjing, yang akan membuatnya tahu bahwa kamu tetap menyayanginya.