| 548 0

5 Ras Kucing dengan Perawatan paling Bermodal

Kucing perawatan paling bermodal

Umumnya, merawat kucing itu tidaklah mahal dan sulut. Yang mereka butuhkan hanya makanan berkualitas, biaya kesehatan, grooming yang cukup, dan juga perhatianmu.

Namun, pada akhirnya hal ini tidaklah universal. Beberapa ras kucing memerlukan perawatan dan perhatian ekstra yang membuat perawatan mereka sedikit lebih rumit dan membutuhkan modal yang lebih besar.

Namun, begitu kamu berhasil mengatasi sedikit kesulitan ini, kamu akan mendapatkan salah satu sahabat paling menyenangkan yang siap menemanimu setiap hari.

Siapa sajakah kucing-kucing tersebut?

Norwegian Forest Cat

Norwegian Forest Cat

Norwegian Forest Cat

Banyak orang yang menyebut kucing ini sebagai “anjingnya dunia kucing.” Sebutan ini muncul karena kucing jenis ini cenderung memiliki sifat layaknya anjing.

Mereka sangat suka bermain, ramah dan bersahabat, serta pintar dan mudah dilatih.

Karena daerah asal mereka sangat dingin, tubuh mereka pun secara alami dilindungi oleh bulu yang panjang dan tebal. Dan keadaan inilah yang membuat mereka butuh perawatan yang ekstra darimu.

Bulu mereka perlu disisir secara menyeluruh setiap beberapa hari sekali, agar tidak kusut dan menyebabkan perasaan tidak nyaman atau sakit.

Dengan iklim di Indonesia, kamu pun sebaiknya rutin memangkas bulunya agar tidak tumbuh terlalu panjang dan menyebabkan rasa panas yang berlebihan.

Selain itu, jika kamu membiarkannya bermain di luar rumah, maka bersiaplah untuk sering-sering memandikannya, karena bulu panjangnya akan mudah menjadi kotor.

Maine Coon

Maine Coon

Maine Coon

Kucing raksasa ini memiliki karakter yang mirip dengan kucing jenis Norwegian Forest Cat, tubuh mereka besar dan bulu mereka panjang. Perbedaannya, kucing jenis ini lebih dikenal dengan sikapnya yang cenderung tenang dan mandiri.

Namun, karena karakter fisiknya mirip, maka kucing Maine Coon juga punya masalah yang sama dengan kucing Norwegian Forest Cat.

Yaitu mereka memerlukan perawatan yang sangat ekstra agar bulu mereka tetap indah dan dapat hidup dengan nyaman di Indonesia.

Bahkan, mengingat ukuran kucing ini yang bisa sangat-sangat besar, memandikan kucing ini akan jadi tantangan tersendiri, dan salon kucing pun besar kemungkinan akan mematok harga yang lebih tinggi daripada kucing lainnya untuk merawat si kucing raksasa.

Persia

Persia

Persia

Kucing jenis ini memang sudah sangat populer di Indonesia, tetapi sayangnya, masih banyak yang tidak sadar bahwa merawat kucing jenis ini tidak bisa sembarangan.

Untuk varian yang berbulu panjang, maka kucing jenis ini juga akan membutuhkan perawatan ekstra yang tidak jauh berbeda dengan kucing jenis Norwegian Forest Cat dan Maine Coon.

Namun, hal yang lebih sering membuat perawatan kucing Persia memerlukan perhatian ekstra adalah dari sisi kesehatannya.

Kucing Persia dikenal memiliki wajah dan hidung yang “pesek,” yang membuatnya rentan terkena masalah pernapasan. Jika kucingmu memiliki alergi, maka masalah ini bisa semakin menjadi-jadi. Begitu pula dengan suhu terlalu panas, yang bisa membuat kucing jadi sulit bernapas.

Selain dalam hal pernapasan, kucing Persia juga rentan terkena masalah mata. Misalnya masalah mata belekan yang sangat mudah terjadi padanya dan perlu ditangani secepat dan sebaik mungkin.

Namun, ketika masalah kesehatan dan bulunya teratasi, maka kamu akan mendapatkan kucing yang sangat manja dan lucu yang siap menemanimu bersantai ria di rumah.

Sphynx

Sphynx

Sphynx

Jika kamu berpikir hanya kucing berbulu panjanglah yang butuh perhatian ekstra nan bermodal, maka kamu salah!

Karena pada kenyataannya, kucing tak berbulu seperti Sphynx pun butuh perhatian yang ekstra darimu.

Memang, karena ia tidak punya bulu, maka kamu tidak perlu merawat bulu-bulunya agar tetap cantik dan sehat, namun karena keadaan ini pulalah, minyak-minyak di tubuhnya bisa membuat kotoran menempel dengan mudah di tubuhnya.

Hal ini pun membuat kamu harus rajin memandikannya, setidaknya sekali atau dua kali seminggu.

Selain itu, kucing ini pun sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung terlalu sering, karena bisa menyebabkan kulitnya terbakar dan meningkatkan risiko munculnya kanker kulit.

Kucing Munchkin

Kucing Munchkin

Kucing Munchkin

Kucing super manja, lucu, dan menggemaskan ini juga ternyata rumit untuk dirawat. Namun bukan dari sisi perawatan kecantikan dan kebersihannya, melainkan dari sisi kesehatannya.

Gen yang menyebabkan kaki pendek yang menjadi ciri khas kucing ini, terkadang juga turut mempengaruhi pertumbuhan tulang belakang dan tulang di daerah dadanya.

Dan keadaan ini bukanlah keadaan yang mudah untuk diatasi, yang mengharuskan pemiliknya memberi perawatan yang ekstra untuknya.

Belum lagi jika si kucing memiliki bulu yang panjang, yang artinya mengharuskanmu memberinya perawatan terhadap bulu yang ekstra juga.

Namun kamu tidak perlu terlalu takut, karena tidak semua kucing Munchkin memiliki masalah kesehatan yang kompleks. Mereka bisa tumbuh dan hidup dengan sehat tanpa kelainan apapun, dan tetap beraksi meskipun kaki mereka sangatlah mungil.