| 954 0

Tips Mengurangi Bulu Rontok pada Anjing

Tips Mengurangi Bulu Rontok pada Anjing

Bulu anjing yang rontok di mana-mana tentu bisa menjadi masalah. Rumah bisa menjadi kotor dan jika ada yang alergi, maka ia pun bisa menjadi cukup menderita.

Namun tentunya, masalah ini dapat kita kurangi, lewat cara perawatan yang tepat.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu mengurangi masalah bulu rontok pada anjing.

Memilih menu diet yang tepat

Apa yang dimakan anjing memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keparahan masalah bulu rontok padanya.

Misalnya, jika kamu memberinya makanan yang ternyata terbuat dari suatu bahan yang ia alergi, maka bukanlah hal yang mengherankan jika bulu-bulu sahabatmu menjadi mudah rontok.

Dan bukan hanya terbuat dari bahan apa makanan yang kamu beri, kualitas dari makanan anjing tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas bulu anjing.

Makanan-makanan yang nutrisinya rendah akan menyebabkan anjing tidak mendapat nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan bulu-bulunya.

Oleh karena itu, daripada ia memiliki masalah pada bulunya, sebaiknya kamu merogoh kocek yang sedikit lebih dalam, demi memastikan anjingmu mendapatkan nutrisi yang penting bagi tubuhnya.

Misalnya, memberinya makanan yang kaya akan omega-3 akan menjaga kesehatan lapisan kulit anjing sehingga tidak mudah kering dan menyebabkan bulu rontok dan ketombe.

Memastikan ia mendapat asupan air yang cukup

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kulit anjing menjadi kering yang kemudian dapat menyebabkan bulunya menjadi mudah rontok.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya selalu memastikan anjingmu mendapatkan asupan air yang cukup.

Langkah yang paling jelas tentunya memastikan bahwa si anjing rajin minum. Misalnya dengan menyediakan banyak mangkuk minum di sekitar rumah, atau memastikan bahwa ia minum dengan cukup beberapa jam sekali.

Cara lain adalah dengan memberinya makanan berjenis wet food, karena di dalamnya juga ada kandungan air yang anjing perlukan.

Begitu pula ketika kamu berolahraga atau beraktivitas di luar rumah bersamanya. Pastikan kamu selalu membawa air minumnya, karena aktivitas tersebut tentu saja akan menguras cairan di dalam tubuhnya, yang harus cepat digantikan, agar ia tidak mengalami dehidrasi.

Rajin menyisir bulunya

Hal ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi bulu yang rontok tidak karu-karuan. Dengan begini, bulu anjingmu yang sudah tua, kepanjangan, atau tidak lagi sehat, akan terjatuh, namun tidak akan mengotori rumahmu.

Dan bukan hanya dapat mengatasi masalah bulu rontok, ketika kamu menyisir bulu anjingmu, maka interaksi ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempererat hubunganmu dengan si sahabat setia.

Bulu rontok hilang, persahabatan yang makin erat datang!

Rutin memandikannya

Sekali atau dua kali sebulan memandikan anjingmu dengan menyeluruh juga sangat membantu mengurangi masalah bulu rontok.

Tentu saja, untuk hasil yang maksimal maka kamu disarankan menggunakan sampo khusus anjing, agar bulu dan kulit anjing tetap sehat dan indah.

Memandikan anjing juga bisa sangat membantu untuk mengatasi masalah bulu rontok yang disebabkan oleh kutu. Selama ia dimandikan dengan sampo khusus anti kutu dan setelahnya diberikan perawatan anti kutu lainnya.

Dan pastikan pula untuk mengeringkan anjing dengan baik setelah dimandikan! Karena jika tidak, hal ini akan memancing berkembangnya jamur-jamur yang dapat menyebabkan masalah bulu rontok pada anjing kesayanganmu.