| 1557 0

Tips Membantu Anjingmu Tidur Lebih Nyenyak

tips anjing tidur nyenyak

Anjingmu susah tidur di malam hari? Atau ia sering terbangun sendiri sebelum waktunya? Mungkin sudah saatnya kamu menolongnya agar ia dapat tidur lebih nyenyak lagi.

Apa yang bisa kamu lakukan? Berikut beberapa hal di antaranya.

Memperbaiki kebiasaan toiletnya

Tips pertama amatlah mudah, dan sebenarnya sudah sangat umum diterapkan pada manusia, yaitu memastikan si anjing buang air dahulu sebelum naik ke tempat peraduannya.

Tantangan dari hal ini hanyalah pada proses perubahan jadwal atau kebiasaan si anjing sehari-hari, yaitu agar ia mau buang air tepat sebelum jam tidur. Yang di dalamnya bisa jadi termasuk perubahan jam makan, agar keinginan buang airnya muncul sesaat sebelum tidur.

Memperbaiki jam makannya

Dan ya, tentunya memperbaiki jam makan si anjing juga memiliki pengaruh dalam membuat tidur anjing menjadi lebih nyenyak.

Kunci melakukan ini adalah menentukan jam makan yang tepat. Yaitu tidak memberinya makan terlalu dekat dengan jam tidurnya, karena hal ini akan menyebabkan anjing ingin buang air saat ia sedang tidur.

Namun tidak juga terlalu jauh dari jam tidurnya, karena anjing yang kelaparan tidak akan bisa tidur dengan nyenyak.

Idealnya, jam makan malam (atau terakhir) anjing adalah dua hingga empat jam sebelum jam ia tidur.

Memberinya aktivitas fisik yang tepat

Selain untuk menjaga agar tubuhnya tetap fit, rutin beraktivitas juga akan berdampak pada kenyenyakan tidur si anjing.

Nah, untuk hal kenyenyakan tidur, ada satu hal tambahan yang perlu diperhatikan ketika beraktivitas bersama anjing, yaitu ketepatannya.

Jika aktivitas hanya dilakukan secara intens di pagi hari, maka anjing akan menjadi lelah dan tertidur di siang atau sorenya, yang kemudian membuat si anjing tidak lagi mengantuk di malam hari.

Agar ia bisa lebih nyenyak, maka cobalah untuk memberinya aktivitas fisik di sore hari. Bisa dengan cara membagi jam aktivitas fisiknya menjadi dua sesi, yaitu satu di pagi dan satu lagi di malam hari. Bisa juga hanya melakukan sekali aktivitas fisik yang panjang dan intens di sore hari.

Jika kamu memang hanya punya waktu di pagi hari untuk beraktivitas fisik bersama anjingmu, maka lakukanlah sesi aktivitas fisik yang sebentar, intens, dan benar-benar membuat anjing menjadi lelah sebelum ia tidur.

Beri ia tempat tidur yang nyaman

Di mana anjingmu tidur juga berperan besar dalam kenyenyakan tidur malamnya. Masalah-masalah yang tampak sederhana seperti kasurnya yang kurang empuk/nyaman, terlalu dingin, atau terlalu panas pada dasarnya juga berpengaruh terhadap kualitas tidur anjingmu.

Oleh karena itu, sebisa mungkin buatlah tempat ia tidur menjadi senyaman mungkin.

Dan juga, faktor tempat tidur ini akan semakin berpengaruh kepada anjing ketika si anjing sudah mencapai usia senior atau lanjut. Oleh karena itu beri tempat tidur anjing seniormu perhatian yang lebih ekstra agar ia dapat melewati malam dengan nyenyak.

Perhatikan lingkungan ia tidur

Terlalu berisik atau terlalu banyak aktivitas lainnya akan mengganggu tidur nyenyak anjingmu. Oleh karena itu pastikan pula bahwa lingkungan sekitarnya cukup tenang ketika ia tidur.

Misalnya jika kamu membiarkan anjing tidur di ruang keluarga, dan kamu biasa begadang beraktivitas di ruang ini, maka kamu akan membuat tidur si anjing menjadi tidak nyenyak.

Memberinya sebuah ruang atau sudut yang jauh dari keramaian di dalam rumah dan terlindung dari keberisikan di luar rumah adalah salah satu trik ideal agar ia bisa tidur dengan nyenyak.

Perhatikan kesehatannya

Masalah kesehatan juga berpengaruh terhadap kualitas tidur si anjing. Misalnya rasa sakit yang ia alami pada sendinya akan membuat tidur anjing menjadi sangat tidak nyenyak.

Contoh lainnya adalah masalah-masalah pada otak yang umum terjadi pada anjing senior, memiliki peran dalam mempengaruhi kenyamanan tidur si anjing senior.

Ketika ini terjadi, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter hewanmu, agar kamu dapat menemukan cara terbaik membantu anjingmu tetap lelap melewati malamnya.