| 1051 0

Mengapa Kamu Seharusnya Tidak Meninggalkan Anjing di dalam Mobil

Meninggalkan Anjing di dalam Mobil

Seharusnya, hal ini sudah menjadi logika dasar dari kita, sebagai manusia untuk tidak meninggalkan makhluk hidup di dalam mobil yang bisa menjadi panas dan minim oksigen. Apalagi jika makhluk tadi adalah anjing yang pada umumnya tidak memiliki ketahanan terhadap panas yang baik.

Namun, jika memang masih ada yang memerlukannya, berikut ini berbagai alasan mengapa kamu seharusnya tidak meninggalkan anjing kesayanganmu di dalam mobil.

Tubuh anjing tidak diciptakan untuk mencintai panas

Ketika manusia merasa kepanasan, tubuh akan melakukan reaksi alami dengan mengeluarkan keringat. Reaksi ini berperan untuk menjaga tubuh kita tetap cukup dingin dan tidak mengalami overheat.

Anjing juga sebenarnya berkeringat, namun kemampuan mereka untuk berkeringat amatlah minim, sehingga ketika mereka terkurung di dalam mobil (yang suhu di dalamnya bisa menjadi sangat tinggi), reaksi ini tidaklah cukup untuk menghindarkannya dari kondisi overheat.

Apalagi, mereka memiliki bulu-bulu yang perannya untuk menghangatkan tubuh mereka, yang membuat suhu tubuh mereka ketika berada di ruang tertutup, seperti mobil, bisa menjadi naik dengan cepat. Semakin lebat atau panjang bulunya, maka semakin rentan pula si anjing menderita kepanasan.

Selain bulu, dua faktor lain yang turut berpengaruh membuat tubuh anjing menjadi cepat panas adalah ukuran tubuhnya (semakin besar, maka semakin mudah pula anjing tadi menjadi kepanasan) dan usia (anjing yang sudah cukup tua kerap kali memiliki masalah untuk berkeringat lewat paws-nya).

Dalam mobilmu bisa jadi sangat-sangat panas

Mulai dari kaca, alumunium, karet, plastik, besi, dan berbagai material lain yang membentuk interior mobilmu, merupakan material yang bersifat memerangkap panas.

Sehingga di dalam mobilmu akan tercipta efek rumah kaca, yaitu suhu panas masuk, terperangkap tidak bisa keluar dari mobil, dan akan terus menjadi lebih panas.

Sepanas apa?

Sebagai perbandingan, di Indonesia, dalam keadaan yang kita bilang panas, temperatur udara “cuma” berkisar di angka 300C – 350C. Sedangkan di dalam mobil yang tertutup, bisa mencapai hingga 560C.

Dan anjing bisa mengalami heatstroke ketika suhu tubuhnya mencapai 400C, yang kemudian bisa meninggalkan berbagai efek buruk kepadanya, salah satunya yang paling parah adalah kematian.

Lapar, haus, sesak napas, poop, dan bosan

Selain masalah panas, ada juga hal-hal lain yang membuat anjingmu seharusnya tidak dibiarkan terkurung di dalam mobil, yaitu perasaan lapar, haus, sesak napas, perasaan ingin ke toilet, dan bosan yang bisa anjing rasakan.

Lapar dan haus memang relatif “ringan” karena hal ini dapat diatasi dengan menyediakan makanan dan minuman di dalam mobil.

Namun masalah sesak napas, kebutuhan untuk buang air, dan rasa bosan lain ceritanya.

Membiarkan anjing di dalam mobil tertutup bisa membuatnya kekurangan oksigen, yang tentunya dapat mengakibatkan berbagai masalah yang fatal bagi anjing.

Dan permasalahannya, terkadang membuka sedikit jendela, agar udara bisa masuk ke dalam mobil, tidaklah cukup untuk memastikan si anjing aman dari berbagai masalah karena masalah pernapasan dan kurang oksigen.

Apalagi jika kamu memiliki anjing yang memiliki wajah atau hidung yang pendek, yang membuatnya lebih rentan mengalami masalah pernapasan.

Begitu pula, ketika anjing ingin buang air, ketika ia terkurung di dalam mobil, maka tentu ia mau tidak mau akan buang air di dalam mobil, yang meskipun sudah disediakan tempat khusus, bau tidak sedapnya tetap saja bisa menempel di dalam mobilmu.

Terakhir adalah masalah kebosanan.

Dibiarkan di dalam tempat sempit seperti mobil, tentu saja akan akan membuat si anjing kesayangan menjadi mudah bosan, dan bosan bisa saja berujung pada kondisi stres dan kemudian menyebabkan berbagai penyakit fisik lainnya.

Namun, untuk efek yang lebih jangka pendek, kebosanan bisa membuat anjing bertindak tidak layak di dalam mobilmu.

Ia bisa mencakar-cakar jok mobilmu, ia bisa menggigit-gigiti berbagai objek di dalam mobilmu, ia bisa buang air sembarangan di dalam mobilmu, dan berbagai perilaku-perilaku tidak menyenangkan lain, yang ia lakukan karena kebosanannya.