| 324 0

Di Masa Depan Nanti, Komputerlah yang Akan Melatih Anjingmu

Komputer Melatih Anjing

Banyak yang berpikir bahwa di masa depan nanti hidup kita akan sangat akrab dengan robot, artificial inteligent, dan komputer super pintar. Di mana lewat kecanggihan-kecanggihan inilah hidup kita akan sangat terbantu.

Salah satunya dalam urusan melatih anjing. Dan ternyata, penelitian dan pengembangan ke arah situ sudah dimulai. Bahkan sejak setahun yang lalu.

Adalah para peneliti dari North Carolina University yang melakukannya.

Mereka saat ini sedang mengembangkan sebuah program komputer yang akan membantumu memahami dan berkomunikasi dengan anjingmu secara baik, yang kemudian program ini direncanakan untuk dikembangkan lagi hingga dapat menjadi pelatih untuk anjingmu.

Bagaimanakah cara kerja program ini?

Program ini dirancang untuk bekerja dengan menggunakan sebuah alat bantu, yang berfungsi untuk mengumpulkan berbagai informasi dari si anjing. Mulai dari postur tubuhnya, suhu tubuh, aktivitas internal tubuh (tekanan darah, hormon, dll), dan berbagai informasi lainnya untuk memahami apa yang anjingmu rasakan sebenarnya.

Ketika tahu apa yang anjingmu rasakan, maka tahap awal, yaitu membentuk jalur komunikasi yang baik dengan anjingmu akan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Kamu akan tahu kapan anjingmu senang, kapan ia takut, kapan ia stres, kapan ia merasa tenang, dan lain-lain.

Bahkan nantinya, apa penyebab perasaan itu juga bisa diketahui. Misalnya, nanti kamu akan tahu ketika anjingmu takut terhadap suara petir yang ia dengar, namun kamu sendiri tidak mendengarnya.

Hal ini dapat terjadi, karena alat tadi dirancang bukan hanya untuk memahami apa yang anjing rasakan, namun juga memahami berbagai hal di sekitar anjing.

Misalnya, ketika ia takut mendengar suara petir tadi, maka alat/program akan mengetahui bahwa telinga si anjing menjadi aktif, dan akan mencari tahu suara apa yang si anjing dengar. Tentunya agar hal ini dapat direalisasikan, maka alat/program tadi juga akan dilengkapi sensor untuk mengetahui lingkungan anjing.

Fitur ini direncanakan bukan hanya untuk berkomunikasi atau melatih anjing, melainkan juga untuk menjaga keselamatan si anjing.

Misalnya, dengan fitur ini, kamu akan tahu ketika anjingmu asyik mencium atau memakan sesuatu yang ternyata berbahaya untuk kesehatannya, sehingga kamu dapat bertindak dengan segera.

Jadi bagaimana teknologi ini bisa melatih anjing?

Jawabannya ada di sistem reward atau hadiah. Jadi program/alat ini akan menilai dengan tepat apakah anjing sudah bertindak atau bersikap sesuai dengan latihan yang ia jalani atau tidak.

Jika ia benar, maka alat/program ini akan mengaktifkan sistem pemberian hadiah pada anjingmu (misalnya memberi makanan lewat sebuah feeder khusus yang sudah terintegrasi).

Lewat cara ini, maka anjing akan dilatih dengan lebih tepat, karena diharapkan tidak ada lagi pemberian hadiah yang salah waktunya, yang cukup umum dilakukan oleh manusia.

Dan bukan hanya pada sistem reward, lewat alat ini pun kamu akan tahu kapan waktu yang paling optimal untuk melatih anjing, yaitu ketika ia merasa senang (yang tentunya akan dapat kamu ketahui lewat program/alat ini).

Apa tantangannya?

Pertama adalah dari sistem algoritma. Tidak bisa dipungkiri, menentukan apa yang anjing rasakan lewat kondisi fisiknya bukanlah perkara mudah. Diperlukan sebuah riset dan pembuktian yang dalam agar hal ini benar-benar tepat.

Tantangan kedua adalah dari hardware. Karena pada kenyataannya cukup sulit untuk menciptakan semua sensor yang dipakai untuk memahami anjing dalam ukuran yang kecil, yang tidak mengganggu kenyamanan si anjing.

Masih diperlukan banyak riset dan perkembangan teknologi untuk memperkecil ukuran dari alat-alat bantu ini.

Bagaimana menurutmu, apakah menurutmu nanti hal ini bisa benar-benar terjadi? Dan apakah kamu mau menggunakan alat ini untuk melatih anjingmu?