| 574 0

Anjingmu Makan Terlalu Cepat? Ini Beberapa Solusinya

Anjing Makan Terlalu Cepat

Anjing memang dikenal sebagai pemakan yang lahap. Mereka siap melibas semua makanan yang kamu sediakan secepat-cepatnya.

Namun kamu juga harus tahu, bahwa kebiasaan makan cepat seperti ini sebenarnya tidak baik. Ada dampak-dampak berbahaya yang bisa ditimbulkannya, contoh yang paling sederhana adalah tersedak dan muntah.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mengendalikan kecepatan makannya agar tidak berdampak negatif kepada si anjing kesayangan.

Bagaimanakah caranya?

Menggabungkan waktu makan dengan sesi latihan

Salah satu trik yang sering dipakai untuk melatih anjing adalah menggunakan camilan sebagai hadiah, agar ia semakin fokus dan semangat dalam berlatih.

Namun sebenarnya, trik yang sama juga bisa dipakai untuk membuat anjing tidak makan dengan terlalu cepat.

Yaitu dengan menggabungkan waktu makan dengan sesi latihan. Atau dengan kata lain, mengganti camilan yang biasa kamu beri, ke makanan (yang sifatnya lebih berat) favoritnya.

Dengan cara ini, kamu seolah-olah membunuh dua burung, dengan satu batu. Masalah makannya yang terlalu cepat jadi teratasi dan anjingmu pun bisa menjadi lebih terlatih lagi.

Namun, jika kamu melakukan hal ini, harap pilih latihan yang ringan. Karena jika terlalu berat atau sulit, dan anjing dalam keadaan lapar, maka besar kemungkinan ia akan mogok untuk melakukan latihan.

Buat kegiatan makan sebagai permainan

Kamu juga bisa menambahkan sebuah permainan ke jam makan si anjing, agar ia makan lebih perlahan. Misalnya membagi makanan anjingmu ke beberapa mangkuk yang kemudian ditempatkan di beberapa tempat.

Dengan cara ini, kecepatan makannya akan sedikit berkurang, karena ia haru mencari makanannya terlebih dahulu sebelum melahap makanan tersebut.

Menggunakan mangkuk makan khusus

Masalah makan yang terlalu cepat ini sudah sangat umum dipersoalkan, sehingga orang pun mulai memproduksi alat-alat yang bisa mengatasi keadaan ini. Salah satunya adalah mangkuk khusus, yang umum disebut dengan “slow-eating dog bowl.”

Mangkuk ini merupakan mangkuk yang memiliki dasar yang tidak rata, yang membuat anjing tidak bisa melahap makanan dalam jumlah banyak secara langsung dan cepat. Melainkan, mereka harus mengambil makanan dalam jumlah yang sedikit secara perlahan-lahan.

Menggunakan mainan pemberi makanan

Masalah kebiasaan makan anjing yang terlalu terburu-buru ini juga mendorong orang untuk menciptakan inovasi baru, yaitu menggabungkan mainan dengan mangkuk makanan.

Mainan seperti ini bisa diisi makanan yang kemudian akan mengeluarkan makanan yang ada dalamnya secara perlahan-lahan, hanya jika anjing memainkan mainan tersebut. Hal ini pun secara otomatis, akan mengurangi kecepatan makan si anjing.

Contoh mainan ini misalnya feeding ball atau kong.

Ubah jadwal makan anjingmu

Bisa juga kebiasaan makan anjing yang terlalu cepat disebabkan karena ia sudah terlalu lapar. Penyebab hal ini umumnya disebabkan oleh jadwal makan yang tidak sesuai dengan tubuh si anjing.

Solusi dari keadaan ini adalah dengan memperpendek jarak antar jam makan. Ingat! Memperpendek jam makan bukan berarti menambah porsi makan si anjing dalam satu hari.

Melainkan, yang harus kamu lakukan adalah dengan mengurangi porsi sekali makan si anjing, namun meningkatkan jumlah jam makannya. Dengan begini, ia tidak akan merasa terlalu lapar ketika jam makan tiba, namun ia tetap akan terhindar dari masalah kebanyakan makan.

Suapi langsung

Kamu juga bisa mengurangi kecepatan makannya dengan menyuapinya langsung. Cara ini memang efektif  untuk mengurangi kecepatan makannya karena kamu akan memaksa anjing makan dengan laju yang kamu mau.

Namun, sebaiknya cara ini hanya dilakukan sebagai usaha terakhir. Karena cara ini dipercaya bisa menimbulkan berbagai efek samping negatif. Misalnya anjing jadi tidak mau makan jika tidak kamu suapi atau bahkan menjadi bersifat agresif.