| 793 0

Mengapa Anjingku Sangat Bersemangat Setelah Pup?

Anjing Bersemangat Setelah Pup

Sesaat setelah anjing menyelesaikan urusan buang airnya, apakah kamu melihat bahwa anjingmu tampak menjadi jauh lebih girang dan lebih aktif?

Ia akan tampak senang berlari ke sana kemari, meloncat-loncat kegirangan, hingga berguling-guling dengan bahagia.

Jika anjingmu juga menunjukkan perilaku girang setelah pup ini, kamu harus tahu, jika di balik kebiasaan lucu dan aneh ini, terdapat beberapa penjelasan yang ternyata cukup masuk akal.

Apa sajakah mereka?

Ia senang karena merasa akan mendapat hadiah

Hah…?

Ya, anjing bisa saja menjadi bahagia ketika selesai menyelesaikan urusan toiletnya, karena ia percaya ia akan mendapat hadiah darimu.

Kejadian ini umum terjadi pada anjing yang sedang (atau sudah) menjalani potty training. Kejadian ini muncul karena selama menjalani potty training, kita umumnya menggunakan sistem pemberian hadiah, entah itu dalam bentuk makanan atau pujian, kepada si sahabat kaki empat.

Yang kemudian kadang membuat anjing terlalu mengasosiasikan perilaku buang air yang benar dengan hadiah. Hal ini pun bisa terbawa hingga ke masa-masa sesudah training, yang membuat anjing percaya, bahwa setelah buang air, ia akan mendapat suatu hadiah dari sahabat setianya, yaitu kamu.

Apakah hal ini buruk?

Sebenarnya tidak juga, karena besar kemungkinan ia akan melupakan kebiasaan mendapatkan hadiah setelah buang air, jika kamu terbiasa tidak lagi memberinya hadiah.

Namun, jika pun kamu memutuskan untuk tetap memberinya hadiah setelah ia buang air dengan benar, maka hal ini juga tidak salah. Anggap saja sebagai usaha agar ia tetap ingat untuk buang air dengan benar.

Ia senang karena ia merasa nyaman

Sama seperti manusia, ketika anjing menahan hasrat untuk ke toilet, maka hal ini juga akan meninggalkan pengalaman yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan baginya.

Ketika ia berhasil melepaskan perasaan tidak nyaman tersebut, tentunya  hal ini menjadi sebuah momen kebahagiaan tersendiri, yang membuatnya menjadi senang.

Jadi kamu bisa menganggap perilaku senang dan aktif ini sebagai sebuah selebrasi dari si anjing, karena ia sudah tidak perlu lagi merasakan perasaan tidak nyaman dari menahan BAB.

Ia tidak senang, ia hanya sedang “bersih-bersih”

Kehiperaktifan anjing setelah pup juga bisa berarti ia sebenarnya sedang membersihkan dirinya dari “sisa-sisa” yang masih menempel di area belakangnya. Gerakan-gerakan aktifnya di sini merupakan usaha agar “sisa-sisa” tadi jatuh dari tubuhnya.

Hal ini sering terjadi jika anjingmu memiliki bulu yang cukup panjang, terutama di sekitar belakang si anjing. Dan hal ini pun sebenarnya masih termasuk normal, karena artinya ia masih peduli dengan kebersihan tubuhnya.

Sebaliknya, jika anjingmu membiarkan ada “sisa-sisa” yang menempel, maka hal ini bisa menjadi indikasi ada yang salah dengan kesehatan anjingmu.

Kamu pun bisa mengambil langkah pro-aktif, yaitu memastikan bulu-bulu di area belakangnya tetap pendek dan rapi, untuk menghindari kemungkinan menempelnya “sisa-sisa” dari urusan toilet si anjing.

Ia tidak senang, ia hanya sedang marking

Anjing adalah makhluk teritorial yang menggunakan bau sebagai penanda teritori atau daerah kekuasaannya. Dan tidak ada bau lain yang lebih baik sebagai penanda, dibandingkan dengan aroma “sisa-sisa” si anjing.

Jadi ketika anjingmu berlari ke sana-sini sesaat baru saja buang air, yang ia lakukan sebenarnya adalah meninggalkan “aromanya” yang masih fresh, ke berbagai sudut daerah sebagai bukti bahwa ialah penguasa daerah setempat.

Oh ya, agar kebiasaan di atas lebih masuk akal bagimu, kamu harus tahu bahwa bagi anjing, aroma sisa tubuh (air seni atau kotoran) merupakan sebuah tanda pengenal. Lewat aroma tersebut anjing dapat mengenali anjing-anjing lain, bahkan hingga ke identitas yang cukup detil seperti jenis kelamin dan usia mereka.