| 951 1

Jangan Cuma Beri Makan Perut Anjingmu, Beri Makan juga Otaknya!

Pentingnya Kesehatan Otak Anjingmu

Jangan Cuma Beri Makan Perut Anjingmu, Beri Makan juga Otaknya!

Adalah hal yang sangat umum bagi makhluk hidup untuk mengalami penurunan fungsi otaknya sejalan bertambahnya usia. Hal ini terjadi pada manusia dan juga terjadi pada anjing.

Dan sama seperti manusia, pemberian nutrisi yang baik kepada anjing, juga akan membantu untuk menjaga kesehatan otaknya.

Jadi, saat kamu memberi makan anjingmu, jangan cuma pikirkan makanan yang dapat membuatnya kenyang dan tubuhnya sehat, namun pikirkan juga nutrisi-nutrisi yang dapat menjaga kesehatan otak anjing kesayanganmu!

Apa sajakah nutrisi-nutrisi tersebut? Ini beberapa di antaranya…

Vitamin B

Vitamin-vitamin B (atau vitamin B-kompleks) merupakan nutrisi-nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan otak. Misalnya, vitamin B6 yang berperan dalam menjaga fungsi neurotransmitter dan vitamin B12 yang berperan dalam membentuk DHA.

Vitamin-vitamin B ini sendiri hadir berlimpah dalam berbagai bahan makanan, mulai dari daging-dagingan hingga sayur-sayuran, sehingga sumber vitamin B untuk anjingmu cukup mudah ditemukan. (kecuali vitamin B12 yang hanya dapat ditemukan dari produk hewani)

Hanya saja, vitamin B merupakan vitamin yang mudah rusak atau berkurang kualitasnya ketika bahan makanan tadi dimasak. Alasan inilah yang membuat banyak pencinta hewan mulai memilih menu raw food untuk anjing mereka.

Tentu, raw food untuk anjing masih menimbulkan pro dan kontra di sana sini. Jika kamu termasuk di sisi yang kontra, tak masalah! Karena kamu masih bisa memenuhi kebutuhan vitamin B untuk anjingmu.

Misalnya lewat produk makanan olahan yang sudah memiliki kandungan vitamin B kompleks di dalam makanannya atau lewat makanan buatan sendiri, seperti kaldu rebusan tulang.

Vitamin C dan E

Sedikit banyak, kedua vitamin ini juga turut berperan dalam menjaga kesehatan otak sahabat kaki empatmu. Misalnya vitamin C yang juga berperan dalam menjaga fungsi neurotransmitter dan juga berperan sebagai antioksidan.

Begitu pula dengan vitamin E yang juga berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Apa hubungan antioksidan dengan kesehatan otak? Antioksidan berperan dalam menjaga kesehatan otak dengan cara melindungi otak dari radikal bebas dan molekul-molekul asing lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja dan kesehatan otak.

Vitamin C dan E sendiri dapat dengan mudah didapat dari berbagai buah dan sayur-sayuran. Dan untungnya lagi, mengingat anjing adalah omnivora yang dapat mengonsumsi beragam jenis buah dan sayur, kebutuhan kedua vitamin ini (dan vitamin B) tidaklah sulit untuk dipenuhi, selama kamu mau sedikit berusaha memberi yang terbaik untuk anjingmu.

DHA dan EPA

Omega-3 seperti DHA dan EPA memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan otak.

Nutrisi-nutrisi ini terbukti dapat meningkatkan fungsi otak anjing, sehingga anjing menjadi dapat mengingat sesuatu dan mempelajari sesuatu dengan lebih baik lagi. Selain itu, nutrisi ini juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh anjing dari berbagai macam penyakit.

Untuk sumber DHA dan EPA, kedua nutrisi ini dapat dengan mudah ditemukan dari makanan-makanan yang berbahan ikan. Beberapa produk makanan olahan anjing juga memasukkan nutrisi ini ke dalam produknya, sehingga sebenarnya memenuhi kebutuhan DHA dan EPA untuk anjingmu juga tidaklah sulit.

Luteolin

Luteolin adalah sebuah nutrisi yang banyak ditemukan dalam berbagai buah dan sayur, misalnya seledri, dan rosemarin (rosemary).

Dan baru-baru ini, sebuah temuan baru menunjukkan bahwa nutrisi ini memiliki dampak yang sangat baik dalam meningkatkan fungsi dan pertumbuhan otak.

Sehingga luteolin bisa menjadi nutrisi tambahan untuk membuat otak anjing kesayanganmu menjadi lebih baik dan lebih sehat lagi, apalagi mengingat makanan yang mengandung luteolin juga mengandung berbagai nutrisi lain yang baik untuk si anjing kesayangan.