| 329 0

Ayo Ngobrol Tentang Masalah Katarak pada Kucing!

Katarak Pada Kucing

Ya! Kucingmu di rumah juga bisa menderita katarak. Dan sebenarnya, masalah katarak adalah masalah mata yang umum terjadi pada manusia dan semua makhluk yang memiliki organ mata lainnya.

Kali ini kami akan mengajakmu untuk berbincang tentang masalah katarak pada kucing kesayanganmu. Mulai dari penyebabnya, gejalanya, hingga penanganannya.

Jadi apa penyebabnya?

Pada kucing, katarak umumnya disebabkan oleh masalah peradangan di dalam mata yang terus dibiarkan, hingga pada akhirnya membuat lensa matanya menjadi keruh, atau dengan kata lain, menyebabkan katarak.

Namun tentunya, bukan hal inilah yang satu-satunya dapat menyebabkan katarak pada kucing. Ada juga faktor usia hingga genetik yang memainkan peran dalam menyebabkan si kucing terserang katarak.

Hanya saja, sedikit berbeda pada manusia, anjing, dan beberapa hewan lainnya; diabetes bukanlah salah satu faktor yang dikenal dapat menyebabkan masalah katarak pada kucing.

Jadi jika kamu memiliki kucing yang diabetes, tak perlu takut dengan meningkatnya risiko ia terserang katarak karena penyakit diabetes yang dideritanya.

Seberapakah dampak katarak pada kucing?

Meskipun mata adalah organ yang amat penting bagi kucing, masalah katarak belum tentu benar-benar menjadi masalah yang dapat mempengaruhi hidup si kucing.

Jika katarak hanya menyerang satu mata kucing, dan mata satunya tidak bermasalah, maka si kucing akan tetap dapat beraktivitas dengan normal layaknya tidak ada masalah apa-apa. Dengan kata lain tidak ada perubahan perilaku yang muncul ketika hal ini terjadi.

Begitu pula ketika katarak menyerang kedua mata kucing dengan tidak parah (hanya mempengaruhi sebagian kecil lensa matanya). Ia akan tetap dapat beraktivitas dengan normal, seolah-olah tidak ada yang salah dengan matanya.

Permasalahannya, sering kali katarak hadir dengan masalah mata lainnya. Salah satu yang paling umum adalah peradangan di dalam mata, yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada kucing.

Apa gejala katarak pada kucing?

Satu-satunya gejala katarak pada kucing yang dapat disadari dengan langsung, adalah adanya area yang keruh atau tidak jernih pada lensa matanya. Selain itu, gejala katarak lain atau masalah yang bisa menimbulkan katarak hanya bisa diketahui lewat pemeriksaan oleh dokter hewan.

Jadi, jika kamu sempat, adalah hal yang sangat baik untuk turut memeriksakan mata kucingmu, karena bisa jadi ia sedang memiliki masalah yang dapat menimbulkan katarak suatu hari nanti.

Apakah keruhnya lensa mata selalu disebabkan oleh katarak?

Tidak! Tidak semua kondisi lensa mata yang keruh disebabkan oleh katarak. Ada masalah-masalah lain yang bisa menyebabkan kondisi ini, salah satunya adalah kondisi yang bernama nuclear lenticular sclerosis (NLS).

Untuk mengetahui secara pasti apa yang menyerang kucingmu dan apa tindakan yang terbaik untuk diambil, maka kamu sangat disarankan untuk segera membawa kucingmu ke dokter hewan, ketika menyadari lensa mata kucingmu sudah tidak lagi sejernih sebelumnya.

Bagaimana penanganan katarak pada kucing?

Satu-satunya penanganan yang tersedia untuk masalah katarak adalah lewat jalan operasi, dan hingga sekarang belum ditemukan cara pengobatan lainnya (baik untuk manusia ataupun kucing).

Namun kamu tidak perlu ragu, karena tingkat keberhasilan operasi katarak termasuk tinggi, yaitu mencapai 85% atau lebih. Selain itu, sebuah operasi katarak yang berhasil akan menyebabkan risiko katarak untuk muncul lagi menjadi sangat kecil.

Memang, perlu diakui bahwa operasi ini bukanlah sebuah penanganan yang murah, namun sebaiknya tetap diambil, karena jika dibiarkan, katarak bisa terus berkembang dan menyebabkan kebutaan pada si kucing.