| 3405 0

Ketika Anjingmu Tak Mau Datang Saat Dipanggil

Ketika Anjingmu

Bagi pencinta anjing yang sudah menganggap anjing peliharaannya sebagai sahabat terbaiknya, tentu hal ini bisa menjadi sebuah hal yang cukup menyedihkan, menjengkelkan, dan tidak menyenangkan.

Padahal, sangat jelas bahwa si anjing mendengar panggilan Anda. Hanya saja ia tampak tidak berniat untuk menjawab panggilan dan mendekati Anda.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Anjing Anda kurang latihan

Hal ini bisa jadi alasan mendasar mengapa anjing tidak datang saat Anda, sebagai pemiliknya, memanggil. Karena seperti yang Anda tahu, bahasa kita tidaklah sama dengan bahasa anjing, dan satu-satunya cara agar kita dapat berkomunikasi dengan mereka adalah lewat latihan.

Bisa juga situasi ketika ia dipanggillah yang menyebabkan hal ini. Maksudnya, karena Anda selalu melatih anjing Anda di tempat yang tenang dan sepi, maka ia selalu cepat datang kepada Anda saat dipanggil.

Namun, ketika situasinya berbeda, yaitu ramai dan banyak pengalih perhatian, ia jadi tidak mau datang kepada Anda saat dipanggil, dan malah teralihkan perhatiannya kepada hal-hal lain.

Intinya, tetap sama, yaitu si anjing kurang latihan! Anda mungkin masih butuh melatih anjing Anda dengan lebih baik lagi agar ia datang ketika dipanggil.

Yaitu dengan proses latihan yang konsisten dan dilakukan pada berbagai macam situasi dan kondisi, agar si anjing benar-benar terlatih, dan tahu apa yang harus dilakukan ketika mendapat perintah atau panggilan dari Anda.

Anda tidak membuatnya nyaman atau bahagia

Bisa juga apa yang ia rasakan kepada Anda membuat anjing tidak mau menghampiri Anda ketika dipanggil.

Misalnya jika Anda bersikap terlalu tegas dan tidak memberikan kesenangan kepadanya, maka ia tidak akan mengasosiasikan hal-hal yang baik kepada  Anda, dan memilih untuk mengabaikan Anda, karena ia tahu ia tidak akan mendapat kesenangan ketika menjawab panggilan Anda.

Memang, ada juga anjing yang akan menjawab panggilan tuannya, meskipun tuannya tadi bersikap buruk dan kasar kepadanya. Namun jawaban ini bukanlah didasari kepercayaan dan rasa sayangnya, melainkan sepenuhnya didasari oleh rasa takut.

Tentu saja, hal ini bukanlah hal yang kita inginkan dari anjing kita!

Solusi dari keadaan ini adalah membuat anjing lebih senang terhadap Anda. Caranya pun tak terlalu sulit.

Pertama adalah memastikan bahwa semua kebutuhan mentalnya terpenuhi, misalnya kebutuhan untuk mengeksplorasi lingkungan dengan mengajak si anjing berjalan keluar rumah bersama.

Kedua adalah dengan memberinya perhatian yang terbaik, mulai dari memberinya makan, bermain, dan berinteraksi bersama-sama dengannya, hingga ia semakin percaya dan senang kepada Anda.

Insting berburunya sedang meluap-luap

Atau, alasan ia tidak mau datang ketika Anda panggil disebabkan oleh hal-hal yang lebih alami, yaitu karena ia sedang dipenuhi oleh insting berburunya.

Seperti yang Anda tahu, pada dasarnya anjing adalah makhluk pemburu, yang insting ini sulit untuk hilang, meskipun ia sudah hidup di dalam rumah sepanjang hidupnya.

Ketika insting ini sedang ada di puncaknya, maka besar kemungkinan anjing tidak akan datang ketika Anda panggil, dan memilih untuk memuaskan insting alaminya ini.

Ia bisa saja memilih untuk mengejar hewan lain, melacak calon “mangsa,” mencari tempat berlindung untuk membawa hasil buruannya, dan hal-hal lain yang umum anjing lakukan ketika ia akan/sedang/baru saja berburu.

Uniknya, beberapa jenis anjing yang dikenal memiliki mental tangguh dan terbiasa digunakan sebagai pemburu dahulu kala, akan memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk insting berburunya menjadi meluap-luap, dan tidak akan menjawab ketika Anda panggil, meski sudah dilatih dengan baik.

Beberapa jenis anjing tersebut misalnya, Terrier, Retriever, atau Hound.

Namun Anda juga tak perlu panik, karena insting ini tidak akan muncul selamanya. Setelah nalurinya ini terpenuhi, ia akan menjadi “normal” lagi dan akan datang ketika Anda panggil.