| 367 0

Jadi Sebenarnya, Seberapa Hebatkah Hidung Kucingmu?

penciuman kucing

Jika berbicara tentang anjing, tentu semua orang tahu bahwa mereka memiliki kemampuan penciuman yang sangat luar biasa. Kemudian bagaimana dengan kucing? Apakah mereka memiliki kemampuan penciuman yang tak kalah hebat? Mari kita jawab pertanyaan ini dan cari tahu kehebatan serta keunikan lainnya, dari hidung kucing, yang jarang dibicarakan orang!

Kemampuan penciumannya tidak kalah dengan anjing

Kucing memiliki indera penciuman yang sangat kuat. Hidung kucing memiliki hingga 200 juta reseptor.

Dan jumlah ini tidaklah kalah dari anjing, di mana anjing memiliki jumlah reseptor yang berkisar dari 149 juta hingga 300 juta, tergantung jenis si anjing. Dari sini kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa indera penciuman kucing, bisa lebih hebat dari beberapa jenis anjing tertentu.

Kemudian….

Pernahkah kucingmu dapat menemukan kembali jalan menuju rumah, meskipun ia pernah hilang atau pergi ke tempat yang jauh?

Jika iya, tahukah kamu, bahwa kemampuan penciuman kucing yang kuat merupakan salah satu alat bantunya untuk melakukan hal ini?

Dan bukan hanya itu saja, dengan indera penciuman ini, kucing dapat melakukan berbagai hal, mulai dari mengetahui makanan yang mengandung racun hingga mencari keberadaan Anda atau hewan lain.

Sebagai perbandingan, manusia hanya memiliki kurang lebih 5 juta reseptor penciuman, yang berarti, kemampuan penciuman kucing itu sendiri benar-benar jauh lebih hebat dari yang kita miliki.

Apalagi, seperti anjing, kucing juga dilengkapi organ vomeronasal atau organ Jacobson, yang berperan dalam memperkaya jenis atau karakter bau yang dapat mereka kenali.  Organ ini sendiri tidak dimiliki oleh manusia, sehingga mereka bisa mencium dan mengenali bau-bau yang tidak bisa kita rasakan.

Dengan organ ini, kucing bisa mengenali aroma kucing lain dengan spesifik, sehingga mereka bisa mengenali kucing hanya lewat aroma tubuhnya. Selain itu, dengan hidung kucing juga bisa tahu kucing mana yang sedang dalam keadaan heat dan siap untuk dikawini.