| 1046 0

Anak Meminta Hewan Peliharaan? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini!

hewan peliharaan

Anak meminta hewan peliharaan kepada orang tuanya bukanlah hal yang mengherankan, dan alasannya pun bisa beragam.

Memelihara hewan pun bukan perkara yang mudah, namun tidak dapat dipungkiri, bahwa memelihara hewan bisa memberi berbagai dampak positif baginya.

Karenanya, Anda mulai ragu. Apakah sebaiknya mengabulkan atau menolak permintaan si buah hati? Untuk membantu Anda, berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum mengabulkan atau menolak permintaan untuk memiliki hewan peliharaan dari si anak.

Alasan si anak

Pertama-tama, adalah hal yang sangat baik untuk mengetahui alasan dari si anak untuk memiliki hewan peliharaan. Karena lewat sinilah Anda dapat mulai menilai kesungguhan dan kesiapannya.

Jika alasannya adalah karena kecintaannya kepada hewan tersebut, dan Anda sendiri dapat memastikannya, maka hal ini bisa dipertimbangkan sebagai sebuah poin plus untuk mengabulkan permintaan si buah hati.

Sebaliknya, jika keinginan ini dipengaruhi lingkungannya, mungkin sebaiknya Anda berpikir lebih matang lagi sebelum mengabulkannya.

Namun, bukan berarti alasan tren atau pengaruh bisa diabaikan seutuhnya, karena bisa saja si anak pada dasarnya suka hewan tersebut, tetapi keinginan tadi baru muncul dengan kuat karena dorongan lingkungannya.

Anda dapat menguji hal ini dengan menunda mengabulkan permintaannya. Jika ia tetap bersemangat memiliki si hewan peliharaan, maka bisa jadi ia benar-benar menyukai hewan tersebut.

Kondisi kesehatan si anak

Hal ini tentu juga amat dipertimbangkan sebelum mewujudkan keinginan si anak ini. Masalah yang umumnya sangat perlu dipertimbangkan adalah kondisi alergi si anak.

Jika ternyata anak memiliki keadaan alergi yang parah terhadap hewan tersebut, mungkin ada baiknya Anda tidak mengabulkan keinginan si anak dulu.

Begitu pula jika ia memiliki masalah kesehatan lain yang tidak memungkinkannya merawat si hewan dengan maksimal.