| 1032 0

Baik dan Buruknya Bermain Laser Bersama Si Meong

bermain laser

Bentuk olahraga yang luar biasa (PLUS)

Berlari dan melompat ke sana-sini untuk menangkap sinar laser tadi merupakan bentuk olahraga yang amat luar biasa bagi tubuh kucing.

Aliran darahnya akan menjadi lebih lancar, otot dan sendi tubuhnya menjadi lebih aktif bergerak, serta kelincahan dan kekuatan fisknya pun akan terasah dengan amat baik.

Semua hal ini akan berperan sangat penting dalam menjaga kualitas fisik si kucing, sehingga ia bisa lebih sehat dan memiliki usia yang lebih panjang.

Karena energi besar yang terkuras dari bermain laser, permainan ini merupakan opsi yang sangat baik jika Anda ingin membuat si kucing menjadi lelah (misalnya ketika ingin menidurkan atau meninggalkannya ke kantor).

Bisa berdampak buruk ke sikap kucing (MINUS)

Sebuah temuan unik menunjukkan bahwa anak-anak kucing yang terbiasa diajak bermain laser akan memiliki perilaku yang nakal ketika mereka dewasa nanti. Mereka cenderung lebih suka menggigit-gigiti dan mencakar-cakar perabotan di rumah.

Setidaknya ada dua pendapat yang diperkirakan menyebabkan hal ini.

Pertama, karena bermain laser pada anak kucing akan menyebabkan si anak kucing menjadi memiliki insting dan perilaku berburu yang terlalu berlebihan, yang dalam kehidupan sehari-hari, akan membuat si kucing terlihat amatlah liar.

Kedua, karena kegagalan dalam menangkap hasil buruan tadi (seperti yang disebutkan sebelumnya), akan menimbulkan dampak yang cukup parah ke mental si anak kucing. Mereka akan menjadi mudah kesal dan tidak nyaman dengan keadaan sekitar, atau dengan kata lain, si anak kucing menderita stres ringan.

Terakhir, bermain laser merupakan salah satu bermain bersama kucing yang sangat mudah untuk dilakukan, namun tetaplah hati-hati menggunakan laser Anda.

Karena meskipun pada umumnya laser tersebut tidak akan menyebabkan kebutaan atau masalah fisik lain pada tubuh kucing, jika laser tadi terkena matanya, hal ini tetap akan menimbulkan dampak kurang menyenangkan bagi kucing kesayangan Anda.