| 494 0

Baik dan Buruknya Bermain Laser Bersama Si Meong

bermain laser

Anda mungkin pernah melihat video tentang aksi lucu kucing mengejar-ngejar laser atau bermain laser di internet. Atau mungkin Anda sendiri pernah melakukannya bersama kucing kesayangan Anda.

Namun pernahkah Anda memikirkan dampak dari bermain laser bersama si kucing? Apa plus dan minusnya dari permainan ini?

Kali ini kami akan mengajak Anda untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan ini bersama-sama, sebagai sesama pencinta kucing.

Mengasah insting berburunya (PLUS)

Kucing adalah makhluk predator alami, berburu adalah salah satu gaya hidupnya yang kemungkinan besar tidak akan hilang, meskipun sepanjang hidupnya ia tinggal di dalam rumah.

Dan bagi kucing, bermain menggunakan laser memiliki peran yang sama dengan menggunakan mainan berburu lainnya, yaitu mengasah insting berburu si kucing.

Bahkan, permainan ini bisa menjadi sebuah “batu asah” yang sangat bagus, karena kucing akan sangat kesulitan menangkap laser tadi, yang kemudian membuat instingnya semakin terasah, dan kebutuhan mentalnya untuk berburu menjadi terpenuhi dengan sangat baik.

Bisa menyebabkan kucing frustrasi (MINUS)

Namun, meskipun memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengasah insting berburu si kucing, memainkan laser juga bisa menyebabkan kucing menjadi frustrasi.

Hal ini tidak lain disebabkan karena lewat bermain laser, mau tidak mau, kucing tidak akan bisa menangkap laser tersebut. Kegiatan berburu tanpa hasil buruan inilah yang kemudian dapat menyebabkan kucing kesayangan Anda menjadi frustrasi.

Ketika kucing frustrasi, ia akan menunjukkan rasa marah dan rasa kesal. Ia akan menjadi mudah bertindak agresif dan mengeong-ngeong dengan suara kesal dan nyaring, karena gagal mendapatkan buruannya.

Triknya adalah, setelah mengajaknya bermain laser, berilah ia mainan fisik yang bisa ia “buru,” agar ia bisa menangkap dan menjadikan mainan ini sebagai hasil buruan alternatif, sebagai pelampiasan terhadap kegagalannya menangkap sinar laser tadi.