| 875 0

Apakah Kucing Juga Bisa Menikmati Musik?

menikmati musik

Dari zaman dahulu, musik merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan manusia. Musik digunakan dalam berbagai hal, mulai dari hiburan, hingga pengiring ritual. Dan berkat perkembangan teknologi kini, musik kian dekat dengan kehidupan kita. Bosan? Tarik headset-mu dan putar musik dari HP-mu. Pertanyaannya, apakah kucing juga menikmati musik layaknya kita? Karena jika kucing juga bisa menikmati musik, tentu pencinta kucing akan sangat bersemangat menantikan momen di mana mereka bisa bersantai atau bahkan nge-jam bersama kucingnya, sambil mendengarkan lagu favorit mereka.

Namun tentunya, pertanyaan awalnya adalah apakah kucing bisa menikmati musik?

Jawabannya adalah YA! Kucing pada dasarnya juga bisa menikmati musik. Hanya saja musik yang mereka nikmati berbeda dari musik-musik yang biasa kita dengar.

Sebagai contoh, kamu bisa mencari di Google “Cozmo’s Air” dan mendengarkan musik ini. Karena beberapa penelitian menemukan ini adalah salah satu musik yang dinikmati oleh si makhluk pengeong.

Jika kamu sudah mendengarkannya, dan tidak merasakan adanya kenikmatan dari alunan nada-nada musik tersebut, maka hal ini tidaklah mengherankan.

Karena pada kenyataannya musik yang bisa dinikmati oleh manusia dan kucing sangatlah berbeda.

“Tapi kan musik itu universal”

Sayangnya kata-kata di atas umumnya hanya berlaku untuk makhluk satu spesies. Karena sains menemukan bahwa otak setiap makhluk hidup merespons nada dan tempo dengan cara yang amat berbeda.

Misalnya dalam merespons nada, indera pendengaran kita dan kucing memiliki kemampuan yang berbeda, yang membuat otak kucing dan manusia merespons nada dengan cara yang berbeda pula.