| 1168 0

Anak Takut Anjing? Ini Tips untuk Membantu Melawan Rasa Takutnya

takut kepada anjing

Terkadang, seberapa pun besarnya rasa cinta kepada anjing, anak Anda bisa saja tidak mewarisi sikap ini. Bahkan bisa saja mereka sangat takut kepada anjing.

Dan tentunya, sebagai seorang orang tua dan juga pencinta anjing, tentu Anda ingin si anak juga memiliki rasa cinta yang sama besar (atau bahkan lebih) kepada si hewan berbulu.

Apakah yang sebaiknya lakukan ketika berada di posisi ini?

Jawabannya adalah membantu mereka melawan rasa takutnya! Berikut ini beberapa tips untuk melakukannya.

Memahami penyebab rasa takutnya

Tahap pertama tentunya memahami terlebih dahulu mengapa si kecil bisa takut kepada anjing. Kemungkinan terbesar rasa takut si anak disebabkan oleh pengalaman buruk yang pernah ia alami bersama anjing, misalnya dikejar, digigit, atau digonggongi anjing.

Atau, bisa jadi ia bukan takut kepada semua jenis anjing, melainkan hanya kepada anjing-anjing tertentu, misalnya anjing yang bertubuh besar dan garang.

Dengan mengetahui secara tepat di balik rasa takut si anjing, maka Anda sebagai orang tua memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk mengatasi rasa takut si anak.

Mengajak anak menghabiskan waktu bersama anjing

Tentunya, agar si anak tidak takut kepada anjing, maka si anak harus diajak terbiasa dengan kehadiran si makhluk kaki empat. Proses pembiasaan ini pun set baiknya dilakukan secara perlahan-lahan.

Misalnya diawali dengan mengajak si anak memperhatikan perilaku anjing dari jauh. Yang kemudian secara perlahan Anda mengajak anak untuk memperhatikan anjing secara lebih dekat, hingga kemudian Anda mengajak anak dan anjing beraktivitas bersama.

Ada baiknya pula pada masa-masa awal untuk mengajak si anak untuk lebih memperhatikan aspek lucu dari anjing terlebih dahulu, misalnya mengajak si anak memperhatikan kelucuan tingkah laku atau bentuk dari anak anjing.

Cara ini dapat mempermudah anak menghilangkan rasa takutnya kepada anjing, terutama jika si anak masih sangat kecil (misalnya di bawah 10 tahun).