| 1219 0

Berbagai Tips Merawat Peliharaan yang Sedang Sakit

tips merawat peliharaan

Ketika kita sedang sakit, tentu kita akan merasa lebih senang dan bahagia ketika kita mendapat perawatan dan perhatian ekstra. Bahkan, sering kali perawatan dan perhatian ekstra yang kita dapatkan turut membantu kita sembuh dengan lebih cepat. Hal ini juga berlaku pada anjing dan kucingmu di rumah. Mereka akan lebih bahagia ketika mendapat perawatan dan perhatian ekstra saat sedang sakit. Berikut ini beberapa tips merawat peliharaan kesayanganmu di rumah sedang terserang penyakit yang menyiksanya.

Menjaganya tetap bersih

Ketika anjing dan kucing sedang sakit, adalah hal yang sangat wajar terjadi jika mereka mulai mengabaikan kebersihan dirinya. Bulu-bulu mereka akan terlihat kusam dan terkadang mereka akan memiliki bau tidak sedap.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebersihannya antara lain:

Menyisir bulu-bulunya agar bulu-bulu yang rontok atau kusam terlepas dari tubuhnya.

– Menyikat tubuhnya secara lembut dengan menggunakan kain yang dibasahi air hangat untuk membersihkan kotoran-kotoran di tubuhnya.

– Membersihkan dengan menyuluh area sekitar dubur dan selangkangan mereka

Khusus untuk anjing dan kucing, yang karena sakitnya tidak bisa bergerak dengan bebas, maka kamu harus memastikan dengan lebih ekstra masalah kebersihan tubuh mereka.

Selain itu, jangan pernah menghukum anjing dan kucing yang sedang sakit ketika mereka buang air dengan sembarangan! Karena masalah buang air sembarangan tadi bisa saja disebabkan oleh penyakit yang mereka derita, dan menghukum atau memarahinya ketika sakit hanya akan membuat si anjing dan kucing menjadi semakin tertekan mentalnya.

Menyediakan tempat tidur yang baik

Anjing dan kucing yang sedang sakit amat mudah mengalami rasa sakit dan tidak nyaman ketika membaringkan tubuh mereka.

Oleh karena itu, satu hal penting yang bisa kita lakukan adalah memberi mereka tempat tidur yang sangat nyaman. Anda bisa membuat tempat tidur tadi dari selimut atau kain lain sehingga empuk untuk ditiduri dan memberi rasa hangat ke tubuh mereka.

Pastikan juga ukuran tempat tidur tadi lebih besar dari ukuran tubuh si hewan, agar mereka bisa lebih bebas ketika tidur.

Selain itu, pastikan pula tempat tidurnya selalu bersih. Seringlah mengganti selimut atau kain yang menjadi kasur mereka, terutama jika mereka memiliki masalah dalam mengontrol buang air mereka.