| 4341 0

Tahukah Kamu, Jika Desisan Kucing Ternyata…

kucing mendesis

Selain mengeong, kucing juga memiliki berbagai cara komunikasi vokal lainnya, salah satunya adalah mendesis. Dan mungkin selama ini kamu menyangka bahwa kucing mendesis merupakan sebuah caranya mengancam musuh.

Sangkaan kamu ini tidaklah salah, namun ternyata ada banyak fakta menarik lainnya dari kebiasaan kucing mendesis, selain sebagai caranya untuk mengancam.

Berikut beberapa di antaranya.

Kebiasaan mendesis ditiru dari ular

Mungkin kamu sudah pernah mencurigai fakta ini, namun pada akhirnya memilih untuk tidak mempercayainya, karena kamu tidak menemukan adanya hubungan antara ular dan kucing.

Namun ternyata, para ahli benar-benar berpendapat bahwa kebiasaan kucing mendesis memang benar-benar mereka tiru dari ular.

Pendapat ini muncul dengan memperkirakan bagaimana nenek moyang kucing hidup di masa lalu, di alam bebas, di mana mereka dapat bertemu dengan berbagai hewan liar, salah satunya ular.

Nenek moyang kucing meniru cara ular melindungi dirinya, yaitu dengan cara mendesis, dan kemudian mempraktekkan dan mengajari teknik ini ke keturunannya, hingga akhirnya kucing di rumahmu juga memiliki turut melakukan hal yang sama dengan hewan melata satu ini.

Apa yang kucing rasakan ketika ia mendesis

Mendesis kemudian sering menjadi respons alami dari kucing, ketika ia mengalami peningkatan adrenalin secara tiba-tiba. Yaitu ketika ia merasakan ketakutan, kaget, takut, tidak nyaman, tidak bahagia, dan perasaan kurang menyenangkan lainnya.

Mengapa kucing mendesis?

Mendesis sebagai ancaman seperti yang tertulis di awal memang merupakan salah satu fungsi atau alasan dari kucing mendesis. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya alasan kucing mendesis, karena ada beberapa alasan lain yang juga membuatnya mendesis.

Berikut ini beberapa alasan dari perilaku kucing mendesis.