| 1060 0

Percaya atau Tidak, Anak Kucing ini Adalah Seekor Pelatih Anjing

Jika kucing lain akan kabur atau berkelahi ketika bertemu dengan anjing, maka kucing hitam-putih satu ini punya kisah yang jauh berbeda.

Karena jangankan untuk lari atau berkelahi, anak kucing ini malah merupakan bagian dari tim pelatih anjing. Dan hebatnya lagi di bukan melatih sembarang anjing, melainkan ia adalah kucing spesialis pelatih anjing penolong (service dog).

Nama dari anak kucing ini pun unik, yaitu D.O.G (dibaca Dee-Oh-Gee). Ia adalah bagian dari Support Dogs, Inc. –  sebuah organisasi yang berbasis di Missouri, Amerika Serikat, yang melatih anjing-anjing untuk dijadikan service dog bagi mereka yang membutuhkan.

Kisahnya menjadi seekor pelatih anjing dimulai ketika ia, yang pada saat itu masih sangat kecil, ditemukan hidup liar di dekat sebuah peternakan, oleh Nadine Wenig, salah satu staf senior di Support Dogs, Inc.

Meskipun belum pernah berinteraksi dengan manusia sebelumnya, anak kucing ini terlihat pemberani dan ramah, hingga mau mendekati Nadine. Terkesan dengan karakternya (dan kasihan dengan keadaannya), Nadine pun membawa si kucing ke “markas” Support Dogs, Inc, untuk diperiksa secara menyeluruh kesehatannya.

Namun siapa sangka, si kucing kecil ternyata benar-benar tidak takut dengan keberadaan anjing-anjing di markas Support Dogs, Inc. tersebut, dan para anggota lain dari Support Dogs, Inc. pun tampak suka dan terkesan dengan si kucing. Ia pun akhirnya dipelihara di markas Support Dogs, Inc. dan diberi nama D.O.G, kemudian menjadi seekor pelatih anjing.

Apa tugasnya?

D.O.G sendiri memiliki tugas unik yang hanya bisa dilakukan olehnya. Yaitu menjadi kucing pengalih perhatian untuk melatih ketenangan si calon anjing penolong.

D.O.G bisa mengemban tugas ini dengan sangat baik karena dua hal. Pertama karena ia sama sekali tidak takut (bahkan nyaman) dengan keberadaan para anjing, dan yang kedua adalah karena sifat alami yang dimiliki oleh D.O.G, yaitu lincah, iseng, suka bermain-main, punya rasa ingin tahu yang besar, dan berbagai karakter lain, yang membuatnya sangat tepat untuk menjadi pengalih perhatian.

Cara D.O.G melaksanakan tugasnya juga unik, yaitu membantu tim untuk melatih si anjing agar tetap tenang dan berkonsentrasi, dengan cara beraktivitas di dekat si anjing.