| 9916 0

Apa Warna Hidung Kucingmu? Apa Artinya?

warna hidung kucingmu

Ada kucing yang hidungnya berwarna pink menyala, ada yang berwarna pucat, ada yang berbintik-bintik hitam, dan ada pula yang warna hidungnya bisa berubah-ubah. Kali ini kami akan mengajak Anda untuk memahami berbagai mengenai warna hidung kucingmu tersebut.

Apa arti bintik-bintik hitam di hidungnya?

Pertama-tama, mari bahas yang paling mudah disadari terlebih dahulu, yaitu adanya bercak-bercak warna hitam di hidung kucingmu. Bercak hitam ini sama dengan tahi lalat atau tanda lahir pada manusia.

Karena pada dasarnya, bercak-bercak hitam ini disebabkan oleh pigmentasi alami tubuh si kucing. Jika kucing Anda memiliki bercak hitam di hidungnya, ada kemungkinan ia juga memiliki bercak lain di bagian tubuhnya, seperti di bibir atau di bagian tubuhnya yang tertutup bulu.

Nama resmi atau ilmiah untuk pigmentasi kulit ini sendiri adalah lentigo. Nama lentigo inilah yang secara resmi dipakai untuk mendefinisikan tahi lalat, tanda lahir, atau berbagai bercak warna kulit lainnya pada manusia, kucing, atau hewan lainnya.

Pada kucing, lentigo ini bukan hanya berwarna hitam, namun terkadang juga berwarna kecokelatan. Bentuk dan ukurannya pun beragam, ada yang hanya berupa 1 titik kecil, ada pula yang berukuran besar dan berjumlah banyak menghiasi hidung kucing Anda.

Menariknya, lentigo pada kucing dapat bertambah besar atau banyak. Jadi jangan heran jika si kucing ketika masih kecil memiliki hidung yang bersih, namun ketika ia dewasa, hidungnya mulai ditumbuhi berbagai bercak hitam. Warna lentigo juga bisa berubah. Jadi Anda juga jangan panik atau heran jika tahi lalat si kucing berubah dari berwarna cokelat ke warna hitam.

Lentigo pada kucing sangatlah aman dan sangatlah normal!

Pada manusia, lentigo ini terkadang diberikan perhatian khusus karena bisa jadi pertanda awal dari kanker kulit. Namun pada kucing, Anda tidak perlu takut akan hal ini, karena lentigo pada kucing tidak akan berkembang menjadi kanker kulit.