| 1511 0

Berbagai Alasan yang Menyebabkan Kucing Jadi Berkelahi

kucing berkelahi

“Meooww…… Meoooowwww….. Meooww…..”

“Meooooowww……. Meoooowwwwww….”

Terdengar suara meongan dua kucing yang menggeram satu sama lain, yang ketika kamu lihat, ternyata dua kucing tadi sedang dalam posisi tubuh siap menyerang, dan mata yang tajam memperhatikan gerakan musuhnya.

Ya! Dua kucing ini akan segera memulai perkelahian mereka! Kira-kira, hal-hal apa sajakah yang bisa menyebabkan dua ekor kucing ini menjadi berkelahi?

Hormon

Kondisi hormon kucing sering kali menjadi pendorong utama mengapa dua ekor kucing mau berkelahi satu sama lain. Keadaan hormon yang tidak stabil akan menyebabkan kucing menjadi lebih agresif sehingga mudah terpancing perkelahian dengan kucing lain yang sama jenis kelaminnya.

Ya! Ketika hormon pada tubuh kucing menjadi tidak stabil, kucing jantan akan mudah memancing perkelahian dengan kucing jantan lainnya, dan kucing betina akan mudah memancing perkelahian dengan kucing betina lainnya; tanpa ada alasan yang jelas di balik perkelahian tersebut.

Sebagai manusia, mungkin hal ini sulit untuk dipahami karena kita tidak hanya hidup dikontrol oleh hormon, melainkan juga oleh akal dan pikiran. Namun keadaan inilah yang memang terjadi pada dunia kucing (dan dunia hewan pada umumnya).

Khusus pada kucing jantan dewasa, intensitas perkelahian karena masalah hormon ini akan semakin meningkat pada saat musim-musim kawin kucing.

Beberapa orang memilih solusi sterilisasi (neuter atau spay) untuk mengatasi keadaan ini, karena memang ketidakstabilan hormon ini besar dipengaruhi oleh sistem reproduksi kucing.

“Efek kucing baru”

Perkelahian di antara dua kucing juga bisa terjadi jika salah satu kucing tersebut merupakan anggota keluarga baru di rumahmu. Pertengkaran biasanya terjadi karena kucing belum terbiasa dengan kehadiran dan aroma baru si kucing lain, sehingga mereka menjadi tidak nyaman dengan satu sama lain, dan cenderung berkelahi.

Solusi dalam keadaan ini adalah dengan mempercepat proses pembiasaan diri antara satu kucing dengan kucing lainnya. Cara termudahnya adalah dengan membaurkan aroma kedua (atau jika lebih dari dua maka semua) kucing di rumahmu.

Kamu dapat menggunakan satu handuk untuk menggosokkan tubuh semua kucing di rumah, sehingga aroma tubuh mereka menjadi tercampur, dan mereka bisa lebih terbiasa dengan kehadiran satu sama lain.

Lakukanlah hal ini selama beberapa hari atau minggu, hingga kucing-kucing di rumahmu menjadi hidup secara harmonis.