| 2201 0

Anjingmu Alergi dan Gatal-Gatal? Ini 4 Cara untuk Menolongnya

Layaknya manusia, anjing kesayanganmu di rumah juga bisa memiliki alergi, dan faktor makanan dan lingkungan lainnya sering kali menjadi aktor utama yang memicu reaksi alergi padanya.

Dan sama seperti manusia, masalah alergi pada anjing bukanlah masalah yang mudah untuk diatasi dan ditangani. Untuk kasus alergi yang parah, alergi bisa saja menyebabkan masalah yang mengancam nyawa si anjing.

Sedangkan untuk kasus alergi yang ringan, maka gatal-gatal dan rasa tidak nyaman lainnya yang akan mengganggu anjing. Namun meskipun dikatakan “ringan,” bukan berarti kamu dapat mengabaikan hal ini seutuhnya. Karena bukannya tidak mungkin masalah kecil ini berujung menjadi masalah besar.

Salah satu contoh yang umum terjadi adalah, karena alergi, anjing merasa gatal dan rasa tidak nyaman yang luar biasa, yang pada akhirnya membuat si anjing menggaruk tubuhnya dengan berlebihan. Luka pun muncul, dan dapat dengan mudah menjadi terinfeksi.

Oleh karena itu, masalah alergi, meskipun ringan dan hanya menimbulkan rasa gatal tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebaliknya kamu sebaiknya menolong anjing kesayanganmu tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Kendalikan dietnya

Tentunya hal utama yang dapat kamu lakukan adalah memastikan bahwa diet atau menu makannya terbebas dari hal-hal yang memicu reaksi alergi pada si anjing kesayangan.

Jika kamu menyadari anjingmu mulai gatal-gatal atau sulit bernapas setelah makan sesuatu, sebaiknya langsung hentikan pemberian makanan tersebut, karena bisa jadi makanan tadilah yang memicu alergi.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada anjing, mulai dari jenis protein tertentu, sumber karbohidrat tertentu, biji-bijian tertentu, dan lain-lain.

Sebuah catatan khusus untuk makanan yang mengandung zat tepung (yang sangat umum ditemukan pada makanan anjing kering atau kibble), karena makanan yang mengandung zat tepung ini memiliki peran besar dalam menumbuhkembangkan jamur khamir (jamur yang sering dipakai membuat ragi) pada tubuh anjing.

Khamir harus diperhatikan pada tubuh anjing, karena jamur ini sangat sering menyebabkan menyebabkan reaksi alergi pada anjing atau membuat tubuh anjing menjadi kering dan gatal-gatal.

Proses pertumbuhkembangan jamur ini sendiri tidak instan, yang artinya baru setelah beberapa lama kamu memberi makan anjingmu makanan berzat tepunglah, baru jamur ini tumbuh secara perlahan-lahan dan menjadi cukup banyak untuk menyebabkan masalah pada si anjing.

Jadi jika anjingmu tiba-tiba menjadi alergi dan gatal-gatal, padahal tidak ada perubahan makanan, bisa jadi hal ini tetap disebabkan oleh makanan kering yang kamu berikan.