| 1095 0

Mengapa Terkadang Kucing Memakan Rumput-Rumputan?

makan rumput-rumputan

Sumber vitamin

Kebiasaan kucing memakan rumput juga bisa menjadi salah satu caranya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya.

Rumput umumnya mengandung asam folat atau vitamin B9, yang sangat penting bagi tubuh kucing. Dan vitamin B9 ini sendiri umumnya hadir pada sayur-sayuran atau buah-buahan.

Dan mengingat menu alami kucing yang didominasi daging, maka bukanlah hal yang mengherankan jika tubuhnya tidak bisa mendapatkan vitamin ini dengan cukup, kalau hanya mengandalkan menu sehari-harinya. Oleh karena itu, rumput sering kali menjadi pilihan utama para kucing dalam memenuhi nutrisi ini.

Asam folat atau vitamin B9 sendiri berperan besar dalam produksi hemoglobin, yaitu jenis protein yang mengangkut oksigen dalam darah, agar tubuh dapat bekerja dengan sempurna.

Membantu pencernaan kucing

Sama seperti manusia, serat juga merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pencernaan si kucing, Dan konsumsi rumput dalam jumlah yang pas (tidak banyak), dapat menjadi sumber nutrisi serat yang amat baik bagi tubuh si kucing.

Bahkan, lebih dari sekedar serat yang membantu urusan “toilet” kucing, rumput bagi kucing bisa berperan sebagai obat pencahar.

Seperti yang kamu tahu, kucing suka menjilat-jilati tubuhnya, yang membuat cukup banyak bulu yang termakan dan masuk ke dalam tubuh kucing. Permasalahannya, tidak semua bulu-bulu yang masuk tadi dapat keluar dari tubuhnya dengan sempurna.

Sebagian akan tetap tertinggal di dalam sistem pencernaan si kucing (yang dalam beberapa kasus, dapat berbahaya, jika bulu-bulu yang tertinggal sudah terlalu banyak). Di sinilah pera rumput sebagai “obat pencahar.”

Rumput yang dimakan kucing akan menyebabkan bulu-bulu yang menempel menjadi terangkat dan dapat keluar dari tubuh kucing dengan baik.

Kesimpulannya, tidak ada yang salah jika kucingmu mengonsumsi rumput, selama dalam jumlah yang normal dan rumput tadi juga tidak mengandung zat-zat berbahaya. Bahkan kebiasaan unik ini bisa jadi salah satu cara utama untuk menjaga kesehatan kucingmu.