| 474 0

Mengapa Terkadang Kucing Memakan Rumput-Rumputan?

makan rumput-rumputan

Jika kamu sering memperhatikan kebiasaan kucingmu, pasti kamu pernah menemukan sebuah momen unik, di mana kucing kesayanganmu tampak memakan rumput-rumputan yang tumbuh di sekitar rumah.

Dan ternyata, ada cukup banyak alasan logis di balik salah satu kebiasaan unik milik si kucing.

Apakah kebiasaan ini berbahaya?

Namun sebelum mencari tahu alasan di balik kebiasaan kucing memakan rumput-rumputan, ada baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu, apakah kebiasaan ini memiliki dampak negatif pada si kucing?

Secara umum, rumput tidak berbahaya bagi tubuh si kucing. Namun, rumput yang dikonsumsi tadi bisa menjadi berbahaya bagi si kucing jika ia terpapar berbagai zat beracun yang berbahaya bagi si kucing.

Misalnya jika rumput tadi diberi obat penumbuh atau pembunuh rumput.

Jadi, jika kamu berencana memberikan suatu obat tertentu kepada rumput di sekitar rumahmu, maka pastikanlah untuk menjauhkan rumput-rumput tadi dari jangkauan si kucing.

Sumber enzim

Sekarang mari membicarakan fungsi kebiasaan ini pada kucing.

Fungsi pertama dari memakan rumput pada kucing adalah sebagai sumber enzim yang diperlukan kucing dalam proses metabolisme tubuh dan pencernaannya.

Kenyataannya, tidak semua hal yang dikonsumsi kucing dapat dicerna dengan baik oleh tubuh si kucing. Hal inilah yang kemudian mengaktifkan insting kucing untuk memakan rumput-rumputan di sekitarnya.

Kemudian rumput-rumput tersebut akan dicerna oleh kucing, dan diambil enzim dari rumput tersebut untuk mencerna makanan-makanan yang sebelumnya tidak tecerna dengan sempurna di dalam tubuhnya.

Biasanya, enzim yang dibutuhkan oleh kucing adalah enzim-enzim yang berperan dalam memproses makanan yang bersifat atau berasal dari tanaman, misalnya karbohidrat. Hal ini karena tubuh kucing memang tidak memproduksi enzim yang cukup untuk mengolah makanan-makanan tersebut.

Jadi, jika kamu menemukan kucingmu sering makan rumput-rumput di sekitar rumah, bisa jadi ini menjadi bukti ada yang kurang tepat dalam komposisi makanan kucingmu.