| 380 0

Bahayanya Bahan Pemanis Xylitol untuk Anjing Anda

Jadi apa tandanya jika si anjing keracunan xylitol?

DI sinilah permasalahannya! Tidak semua anjing menunjukkan gejala dari keracunan xylitol, ia bisa saja tetap beraktivitas seperti biasa, namun di dalam tubuhnya, kerusakan organ hatinya semakin menjadi-jadi, dan kemudian menyebabkannya menjadi mati.

Namun, beberapa anjing akan menunjukkan reaksi ketika ia mengalami kondisi gula darah rendah, seperti muntah-muntah, lesu, kesulitan berjalan atau berdiri, terlihat depresi, tremor, kejang-kejang, hingga pingsan atau koma.

Apa yang harus dilakukan ketika anjing mengonsumsi xylitol?

Segera bawa ia ke dokter hewan! Anda tidak perlu menunggu apakah anjing Anda menunjukkan reaksi dari gula darah rendah, seperti muntah-muntah, lesu, dan lain-lain. Karena meskipun ia tidak menunjukkan gejala tersebut, besar kemungkinan xylitol sudah meracuni dan merusak tubuh anjing kesayangan Anda.

Jangan nekat memberi pertolongan sendiri kepada anjing Anda tanpa panduan dokter hewan atau latar belakang kedokteran hewan. Karena salah-salah bisa menyebabkan masalah pada anjing Anda menjadi lebih parah.

Mencegah anjing mengonsumsi xylitol

Satu-satunya cara agar anjing tidak mengonsumsi xylitol adalah dari kepekaan, kewaspadaan, dan ketelitian Anda sebagai pemilik dan sahabatnya. Anda harus bisa memastikan bahwa segala hal yang bisa ia jangkau (dan makan) tidak mengandung xylitol.

Jangan sembarangan memberikan sesuatu kepada anjing, kecuali Anda benar-benar yakin bahwa hal tersebut tidak mengandung xylitol. Selain itu, pastikan juga semua hal yang mengandung xylitol tersebut tertutup dengan rapat atau diletakkan di tempat-tempat yang sama sekali di luar jangkauan si anjing.

Hal ini penting diingat, karena Anda tidak akan bisa mengajari si anjing untuk menjauhi dan tidak memakan hal-hal yang mengandung xylitol secara sempurna