| 474 0

Bahayanya Bahan Pemanis Xylitol untuk Anjing Anda

pemanis xylitol untuk anjing

Pernahkah Anda menemukan sebuah makanan yang berlabel “bebas gula,” namun anehnya masih memberikan rasa manis di lidah Anda? Hal ini terjadi karena mereka menggunakan pemanis lain sebagai pengganti gula, dan salah satu pemanis yang sangat umum dipakai adalah xylitol.

Cukup banyak orang yang berpendapat bahwa xylitol merupakan pemanis yang jauh lebih baik daripada gula. Namun bahan pemanis xylitol untuk anjing sangat beracun dan mereka harus tidak boleh memakannya sama sekali.

Apa saja makanan yang mengandung xylitol?

Ada banyak makanan yang mengandung xylitol, yang pada umumnya bukanlah makanan yang wajar untuk diberikan kepada anjing, misalnya beberapa jenis makanan cokelat, permen, es krim, yogurt, selai, dan lain-lain. Agar lebih pasti, Anda dapat melihat label makanan tersebut dan memeriksa bahan pembuatnya, dan jika tertera “xylitol” maka makanan tersebut benar-benar tidak boleh diberikan kepada si sahabat kaki empat Anda.

Selain itu xylitol juga ada pada beberapa obat-obatan manusia dan beberapa merek pasta gigi. Oleh karena itu, ketika memilih pasta gigi untuk anjing Anda, pastikan bahwa pasta gigi tersebut bebas dari xylitol.

Xylitol juga digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai masakan. Mereka sering digunakan dalam pembuatan kue atau menu makanan lain. Biasanya, menu yang diperuntukkan bagi mereka yang sedang memperhatikan konsumsi gula (misalnya penderita diabetes), akan menggunakan xylitol sebagai pengganti gula.

Hal ini dikarenakan kemiripan rasa xylitol yang sangat mirip dengan gula, namun memiliki dampak ke gula darah yang lebih rendah.

Jadi, jika Anda tahu sebuah masakan atau kue dibuat dengan memperhatikan kadar gulanya, maka Anda sebaiknya berhati-hati, karena bisa jadi makanan tersebut menggunakan xylitol yang berbahaya untuk anjing Anda.

Seberapa bahayakah pemanis xylitol untuk anjing?

Xylitol sangat berbahaya bagi anjing! Sedikit saja konsumsi bahan ini, dapat memberi efek fatal kepada anjing Anda (100 miligram xylitol per 1 kilogram berat si anjing).

Konsumsi xylitol pada anjing Anda akan menyebabkan hipoglisemia (gula darah rendah) pada tubuh anjing Anda. Dalam kasus yang parah, xylitol akan membuat tubuh anjing menjadi kejang-kejang, merusak hati anjing, dan bahkan menyebabkan kematian.