| 2452 0

Mengapa kucing senang ketika Leher dan Kepalanya dibelai?

membelai leher dan kepala kucing

Anda pasti pernah membelai leher dan kepala si kucing. Dan jika Anda perhatikan, si kucing pasti tampak sangat menikmati belaian Anda tadi. Ia akan mulai menutup matanya dan mulai mengeluarkan suara dengkuran, dan jika Anda membelai bagian lehernya, pasti kepalanya akan mengikuti belaian tangan Anda.

Namun kira-kira mengapa kucing menyukai hal ini?

Karena nikmat!

Singkatnya kucing benar-benar merasakan sebuah kenikmatan tersendiri ketika Anda membelai leher dan kepalanya dengan tangan Anda.

Seperti yang Anda tahu, kucing adalah makhluk yang sangat rajin untuk menjilat-jilati tubuhnya. Jika memungkinkan ia akan berusaha untuk menjilati semua bagian tubuhnya. Namun ada beberapa bagian yang ia tidak bisa jangkau dengan lidahnya, yaitu bagian sekitar mulut, seperti lehernya.

Oleh karena itu, ketika Anda membelai leher dan kepala kucing, maka ia akan merasakan kenikmatan yang mirip seperti jilatan Anda. Bahkan bisa jadi menjadi jauh lebih besar.

Mengapa?

Kucing memiliki kelenjar khusus yang berada di sekitar dagu dan lehernya, yang ketika daerah-daerah ini dibelai, maka kelenjarnya akan mengeluarkan zat feromon, yang memiliki aroma khas yang menenangkan si kucing.

Anda memang tidak akan bisa mengenali aroma ini. Namun ketika Anda membelai bagian tersebut, maka di tangan Anda akan menempel feromon dan aroma khasnya. Yang kemudian, ketika Anda membelai tubuh dan kepalanya, aroma ini juga akan menyebar dan dapat si kucing rasakan. Efeknya, si kucing pun akan menjadi lebih rileks.

Selain itu, feromon ini juga berperan sebagai “penanda.” Maksudnya, mereka yang memiliki aroma ini akan dianggap kucing sebagai kepunyaannya, saudara, atau sahabatnya.

Efeknya, ketika Anda membelai kucing pada area-area tersebut, maka hubungan antara Anda dan si kucing akan terbangun dengan jauh lebih baik lagi. Ia akan menjadi lebih percaya, nyaman, dan bahagia dengan kehadiran Anda.

Ketika Anda membelai lehernya dan kepalanya, hal ini juga akan mengingatkan si kucing kepada induknya dan kenyamanan yang diberikan si induk. Karena ketika masih kecil, induk kucing memiliki kebiasaan untuk menjilat-jilati bagian kepala dan leher anak-anaknya. Hal ini akan membuat si kucing merasa “nostalgia” dan memberi kebahagiaan yang luar biasa baginya.

Oleh karena efek ketenangan dan kebahagiaan yang dirasakannya, kucing sering kali sengaja mendatangi Anda, dan meminta Anda untuk membelai leher dan kepalanya.