| 6605 0

Apa Artinya Ketika Anjingmu Memiringkan Kepalanya?

Uniknya, sikap ini bisa dilatih

Banyak orang yang membelai anjingnya ketika melakukan sikap ini, entah itu karena lucu atau karena anggapan bahwa si anjing sedang memperhatikannya. Oleh anjing, kebiasaan ini sering dianggap sebagai sebuah pujian, yang kemudian membuatnya sering menunjukkan sikap ini, meskipun ia sedang tidak berusaha mendengar suara apapun.

Dengan kata lain, secara tidak sadar, orang-orang tersebut melatih anjing untuk menunjukkan sikap ini.

Karena menganggap bahwa memiringkan kepala adalah sebuah hal yang benar dan membuatnya mendapatkan pujian, anjing yang sudah ”terlatih” akan hal ini pun akan sering memiringkan kepalanya degan ekspresi yang tak kalah lucu kepada tuannya.

Celakanya, karena orang-orang tersebut tidak sadar bahwa ia melatih anjingnya untuk bermanja dan menunjukkan sikap ini, mereka mulai menganggap bahwa ketika anjing menatapnya dengan kepala yang dimiringkan, itu artinya ia sedang memperhatikan kita atau memikirkan sesuatu terhadap apa yang dipandangnya.

Dan kemudian, muncullah mitos yang mengartikan bahwa memiringkan kepala adalah cara anjing untuk menunjukkan perhatian atau ketika ia sedang menggunakan kepalanya untuk berpikir.

Namun…

Anda juga harus tahu bahwa kebiasaan memiringkan kepalanya, bisa jadi tanda ada masalah pada anjing Anda. Jika anjing terlalu sering memiringkan kepalanya, meskipun tidak ada suara, meskipun ia sedang tidak melihat kepada Anda, bisa jadi ini kebiasaan ini merupakan sebuah gejala penyakit.

Karena bisa jadi, ada yang salah (atau sakit) dengan kepala atau kemampuan pendengarannya yang membuat ia harus memiringkan kepala untuk mengurangi atau mengatasi masalah tersebut.

Kebiasaan memiringkan kepala tanpa sebab yang pasti bisa menjadi gejala bahwa anjing Anda mengalami infeksi, peradangan, di telinga atau kepalanya. Bisa juga hal ini disebabkan karena ada objek asing yang masuk ke telinga anjing Anda.

Atau bisa jadi, hal ini disebabkan oleh masalah yang jauh lebih besar lagi, seperti masalah pada otak atau kanker yang ia alami.

Jadi, meskipun terlihat lucu dan tidak berbahaya, tetaplah waspada dan perhatikan dengan detil anjing Anda, karena bisa jadi hal sederhana seperti ini merupakan tanda ada yang tidak beres dengan anjing kesayangan Anda.