| 6617 0

Apa Artinya Ketika Anjingmu Memiringkan Kepalanya?

Memiringkan kepala adalah salah satu “gaya” ikonik yang dimiliki oleh si sahabat kaki empat-mu ini. Gaya ini sendiri sering kali ia tunjukkan ketika Anda mengajaknya berbicara.

Kesan yang dimunculkan dari gaya ini pun beragam, ia terlihat lucu, terkesan pintar, dan juga terlihat benar-benar memperhatikan omongan Anda. Namun sebenarnya, apakah arti di balik aksi ini?

Apakah ini menunjukkan bahwa ia sedang berpikir?

Meskipun tidak ada alasan ilmiah dari latar belakang perilaku ini (dan dampak positifnya); beberapa orang sering memiringkan kepalanya ketika ia berusaha fokus untuk memperhatikan sesuatu atau ketika ia sedang berpikir.

Jadi ketika orang yang melakukan ini, maka bisa diartikan bahwa orang tersebut sedang berusaha (atau terlihat berusaha) untuk memperhatikan atau memahami sesuatu.

Namun hal ini tidak benar-benar berlaku pada anjing.

Kebiasaannya memiringkan kepala sama sekali tidak ada hubungannya dengan proses berpikir dalam kepalanya. Jadi, ketika Anda sedang melatihnya dan ia memiringkan kepalanya, jangan berharap bahwa ia sedang memproses dan memahami apa yang sedang Anda ajarkan.

Tidak peduli berapa pun usia anjing Anda, dari jenis manakah ia, atau apa jenis kelaminnya, memiringkan kepala bukanlah tanda bahwa seekor anjing sedang berpikir atau fokus terhadap suatu hal.

Jadi, apa artinya?

Meskipun bukan berarti bahwa si anjing sedang berpikir, tetap ada alasan mengapa anjing menunjukkan sikap ini.

Anjing akan memiringkan kepalanya ketika berusaha untuk mendengar dengan lebih baik. Hal inilah yang membuat ia sering menunjukkan sikap ini, ketika Anda mengajaknya berbicara.

Ia akan menunjukkan sikap ini ketika ia berusaha mendengarkan kata, nada, dan frasa yang Anda keluarkan dengan sungguh-sungguh, agar ia bisa benar-benar tahu apa yang Anda katakan.

Anjing melakukan ini karena struktur telinga dan kepala yang dimiliki oleh anjing, yang cukup sensitif, yang membuat mengubah posisi kepalanya, dapat memberi pengaruh besar kepada kemampuan pendengarannya.