| 722 0

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anjing Tersengat Lebah?

Terkadang kecelakaan tidak bisa dihindari. Terkadang kegiatan bermain yang biasa dilakukan oleh anjing Anda bisa berujung ke hal yang kurang menyenangkan, misalnya menyebabkan ia tersengat lebah.

Apa yang harus dilakukan?

Ketika anjing disengat lebah

Pertama Anda harus tahu dulu bahwa reaksi yang muncul pada anjing ketika disengat lebah mirip dengan manusia, yaitu menyebabkan bengkak di area tubuh yang tersengat.

Khusus pada anjing, ada dua area yang berisiko tinggi menjadi “sasaran” sengatan lebah. Yang pertama adalah bagian wajah (termasuk bagian dalam mulutnya), dan yang kedua adalah bagian kaki-kakinya. Dua area ini sering menjadi sasaran sengatan lebah karena lewat dua hal inilah anjing biasa berinteraksi dengan dunia sekitarnya.

Kembali ke masalah, pada dasarnya bengkak ini tidak akan berbahaya bagi anjing. Bengkak akibat sengatan ini akan hilang dengan sendirinya dalam 1 hingga 2 hari. Namun tetap saja, hal ini akan tetap menyebabkan rasa tidak nyaman bagi anjing Anda.

Namun, dalam beberapa kasus, racun dari lebah tadi bisa menyebabkan reaksi alergi pada anjing Anda. Hal inilah yang perlu diperhatikan dengan serius oleh pemilik anjing, karena bukannya tidak mungkin reaksi alergi ini dapat berakibat fatal bagi anjing Anda.

Anda dapat tahu apakah anjing Anda mengalami reaksi alergi dari perilaku dan keadaan tubuhnya. Anjing yang mengalami reaksi alergi akan terlihat kesulitan bernapas dan membuat ia terkesan terbatuk-batuk.

Jika ia mulai muntah-muntah setelah disengat lebah (kurang lebih 10 menit setelah tersengat), maka hal ini juga merupakan bukti kuat bahwa anjing Anda mengalami reaksi alergi.

Anda juga dapat memperhatikan gusinya untuk memastikan bahwa ia alergi atau tidak. Jika gusinya mulai menjadi pucat, maka hal ini berarti sengatan lebah tadi menyebabkan alergi pada tubuhnya.

Jumlah sengatan juga sangat penting diperhatikan. Jika anjing Anda hanya disengat satu lebah, maka risiko keparahannya juga akan semakin rendah pula. Namun jika ia digigit oleh banyak lebah, misalnya karena mengganggu sarang mereka), maka hal ini juga dapat berakibat fatal.