| 3170 0

Bukan Hanya Manusia, Kucing Juga Bisa Cemburuan

Kucing juga bisa Cemburuan

Apakah kucing benar-benar bisa cemburu?

Ternyata, jawabannya adalah “ya.” Kucing benar-benar bisa merasakan cemburu kepada Anda. Rasa cemburu ini sendiri bisa disebabkan karena kehadiran kucing lain, hewan peliharaan lain, orang lain, atau karena perubahan perlakuan Anda.

Bahkan mereka bukan hanya merasa sekedar cemburu, mereka adalah makhluk sensitif yang bisa benar-benar cemburu.

Berbagai tanda kucing merasa cemburu

Ketika kucing merasa cemburu, sebenarnya ia cukup tegas menunjukkannya dengan harapan agar Anda kembali memperhatikannya dengan penuh. Permasalahannya, terkadang kita sebagai pemilik lah yang gagal membaca tanda-tanda kecemburuan ini.

Beberapa tanda cemburu yang umum ditunjukkan lain misalnya:

Berbuat “nakal” untuk mencari perhatian. Ia akan berusaha melakukan berbagai hal agar berhasil menarik perhatian Anda, misalnya menendang dan menjatuhkan mangkuk makanannya, mengacak-acak kotak pasirnya, menendang jatuh benda-benda di rumah, atau buang air sembarangan.

Hal-hal ini sendiri mereka lakukan, karena mereka tahu Anda akan bereaksi terhadap hal-hal ini (misalnya memarahi si kucing).

Perilaku ini sendiri umumnya dipicu oleh kebiasaan Anda memberi reaksi berlebih (seperti memarahi tadi) ketika kucing melakukan hal yang nakal, sehingga kucing menjadi tahu, bahwa ia pasti bisa menarik perhatian Anda jika ia melakukan perbuatan nakal tersebut.

Tidak merespons dan mengabaikan Anda. Beberapa kucing menunjukkan rasa cemburunya dengan cara yang lebih “berkelas,” yaitu jual mahal. Mereka tidak akan menunjukkan respons atau mengabaikan Anda seluruhnya.

Misalnya ketika seekor kucing memiliki kebiasaan untuk datang ketika dipanggil namanya, ia bisa saja menolak untuk datang kepada Anda, meski sudah Anda panggil-panggil, untuk menunjukkan rasa tidak senang atau rasa cemburunya kepada Anda.

Menghindari kontak mata. Beberapa kucing juga menghindari kontak mata langsung dengan Anda ketika ia merasa cemburu. Jadi jika ia terlihat membuang mukanya setiap kali Anda melihatnya, bisa jadi sebenarnya ia sedang merasa cemburu.

Bersembunyi. Perilaku ini juga bisa kucing lakukan ketika ia sedang merasa cemburu. Ia tidak akan datang ketika Anda panggil, sebaliknya ia malah akan bersembunyi sebaik mungkin hingga Anda merasa panik dan sibuk mencarinya.

Berkelahi. Kucing juga bisa berkelahi dengan penyebab rasa cemburunya (misal kucing atau peliharaan lain), karena rasa kesalnya terhadap berkurangnya perhatian Anda kepadanya.